Diterbitkan Wednesday, 20 March 2024

Ketahui Keunggulan dan Cara Pemasangan Lampu LED Strip Plafon

jm-lampuled1.jpg

Penting untuk memilih lampu yang tepat karena dapat mempengaruhi pencahayaan, nilai estetika, dan suasana di rumah. Ada banyak jenis lampu di pasaran dan salah satu jenis yang banyak digunakan adalah lampu LED. Selain memiliki banyak kelebihan, lampu LED juga memiliki beragam bentuk, termasuk lampu LED strip.

Di era modern ini, lampu LED strip seringkali digunakan di area plafon untuk memberikan pencahayaan yang temaram, sehingga menciptakan suasana ruangan yang hangat. Tak hanya itu saja, lampu LED strip juga dapat Anda gunakan untuk pencahayaan area tangga, dekorasi dinding area TV, dan masih banyak lainnya.

Untuk Anda yang ingin menggunakan lampu LED strip, ketahui terlebih dahulu keunggulan serta cara pemasangannya di bawah ini!

Keunggulan Lampu LED Strip

Hemat Daya dan Tahan Lama

Seperti lampu LED pada umumnya, lampu LED strip juga hemat daya dan tahan lama. Dengan menggunakan jenis lampu ini, Anda pun dapat menghemat biaya listrik. Anda pun tidak perlu khawatir lampu cepat rusak karena lampu LED strip dapat bertahan hingga puluhan ribu jam.

Fleksibel dan Mudah Dipasang

Sudah bukan rahasia lagi apabila lampu LED strip itu sangat fleksibel dan mudah dipasang. Anda dapat menggunakan lampu LED strip di berbagai macam area dan permukaan. Umumnya, lampu LED strip dilengkapi perekat yang kuat di bagian belakang untuk memudahkan pemasangan.

Memiliki Banyak Pilihan Warna

Jika Anda ingin menciptakan ruangan dengan warna tentu, maka menggunakan lampu LED strip dapat menjadi opsi yang tepat. Pasalnya, lampu LED strip tersedia dalam banyak warna, seperti putih, merah, biru, hingga hijau. Tentu, Anda dapat memilihkan sesuai dengan kebutuhan dan selera. 

Aplikasi Dekoratif yang Luas

Selain memiliki pilihan warna yang banyak dan mudah dipasang, lampu LED strip juga dapat Anda gunakan untuk berbagai macam hal. Anda dapat menggunakan lampu LED strip untuk penerangan tangga, rak buku, televisi, dan sebagainya. Lampu LED strip juga kerap digunakan di area plafon.

Lampu LED Strip Plafon

jm-lampuled2.jpg
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/interior-design-bedroom-with-modern-decoration_17247127.htm#fromView=search&page=1&position=17&uuid=93a9cceb-9054-4c2e-b067-bac93afd0bdd

Untuk mendapatkan pencahayaan tertentu pada sebuah ruangan, lampu LED strip plafon seringkali digunakan. Jenis lampu LED ini hadir dalam bentuk strip panjang dan fleksibel. Lampu LED strip plafon ini sangat fleksibel, sehingga Anda dapat memasangnya sesuai dengan bentuk plafon, panjang plafon, dan sebagainya.

Begitu juga dengan pilihan warnanya yang beragam, Anda dapat memilihnya sesuai dengan suasana yang ingin diciptakan. Jika Anda ingin ruangan dengan suasana terang, maka lampu berwarna putih cerah dapat dipertimbangkan. Sebaliknya, jika Anda ingin lebih temaram, maka Anda dapat memilih putih warm.

Di sisi lain, pemilihan lampu LED strip plafon juga dapat Anda sesuaikan dengan gaya hunian hingga warna cat rumah. Perpaduan warna yang tepat dapat menciptakan ruangan yang menawan.

Cara Pasang Lampu LED Strip Plafon

Untuk memasang lampu LED strip plafon, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan dan perhatikan.

1. Lokasi Pemasangan Lampu LED Strip Plafon

jm-lampuled3.jpg
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/3d-rendering-beautiful-luxury-bedroom-suite-hotel-with-tv-chandelier_29945763.htm#fromView=search&page=2&position=9&uuid=93a9cceb-9054-4c2e-b067-bac93afd0bdd 

Langkah pertama, tentukan lokasi pemasangan lampu LED strip plafon. Biasanya, lampu LED strip plafon ditempatkan pada floating plafon, sehingga strip tidak terlihat dan hanya pancaran sinar saja. Tenang saja, Anda tetap dapat memasang lampu LED strip plafon pada sisi plafon biasa.

2. Ukur Lampu LED Sesuai Kebutuhan

jm-lampuled4.jpg
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/loft-luxury-living-room-with-bookshelf-near-dining-table_10332663.htm#fromView=search&page=2&position=1&uuid=93a9cceb-9054-4c2e-b067-bac93afd0bdd

Melansir dari berbagai sumber, lampu LED dijual dalam bentuk gulungan dengan panjang mulai dari 5 meter. Maka dari itu, Anda harus mengukur panjang plafon yang ingin dipasang lampu LED. Jika butuh lebih dari 5 meter, Anda harus menerapkan sistem penyambungan paralel agar cahaya tetap merata.

3. Tempelkan Lampu LED di Plafon

jm-lampuled5.jpg
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/modern-room-with-tv-flags-soccer-championship-2014_1013625.htm#fromView=search&page=2&position=42&uuid=93a9cceb-9054-4c2e-b067-bac93afd0bdd 

Lampu LED umumnya sudah dilengkapi perekat di bagian belakang. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan double tape untuk menempelkan lampu LED di plafon. Pastikan Anda tidak menekuk lampu LED strip plafon saat di bagian sudut, lakukanlah sistem penyambungan paralel. Setelah itu, sambungkan lampu ke aliran listrik.

Temukan Lampu LED Terbaik dan Terlengkap di Juragan Material

Itulah keuntungan hingga cara pasang lampu LED strip plafon. Dengan dayanya yang hemat, biaya listrik rumah Anda pun akan lebih hemat. Selain itu, lampu LED juga terkenal tahan lama dan tidak cepat rusak. Dengan pemilihan warna dan pemasangan yang tepat, Anda dapat menciptakan ruangan dengan nuansa tertentu!

Untuk Anda yang sedang mencari lampu LED dan kebutuhan listrik lainnya, beli di Juragan Material! Anda dapat menemukan perlengkapan membangun rumah, seperti dari semen, pasir, hingga alat listrik. Belanja di Juragan Material dijamin terjangkau! Kualitas dan keaslian barangnya pun tidak perlu diragukan lagi. 

Juragan Material menyediakan beragam pilihan pengiriman dan pembayaran yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Jika Anda punya usaha kontraktor, Juragan Material juga punya Juragan Modal, pinjaman hingga ratusan juta rupiah dengan jatuh tempo pembayaran hingga 90 hari.

Untuk menikmati sistem pembayaran ini, Anda hanya perlu upgrade akun Anda di Juragan Material. Setelah itu, lengkapi data yang diperlukan. Prosesnya cepat, Anda akan mendapatkan informasi di hari yang sama. Bangun dulu, bayar kemudian hanya dengan Juragan Modal. Cek informasi selengkapnya di sini!


 

Bagikan: