Diterbitkan Thursday, 04 January 2024

Ketahui Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Genteng Metal Pasir

jm-genteng-metal-pasir.jpg

Ada banyak jenis genteng di pasaran yang dapat Anda jadikan pilihan untuk atap rumah, termasuk genteng metal pasir. Sekilas, bentuk genteng ini mirip dengan genteng pada umumnya. Namun, jika diperhatikan lebih detail, permukaan genteng metal pasir sedikit lebih kasar.

Di sisi lain, memilih jenis genteng memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kini banyak orang yang memilih genteng metal untuk karena ada beberapa kelebihan yang ditawarkan. Jika Anda mempertimbangkan genteng metal, ketahui kelebihan dan kekurangannya di bawah ini

Genteng Metal Pasir

Pengertian

Genteng metal pasir merupakan genteng yang terbuat dari bahan metal atau logam.  Umumnya, material yang digunakan untuk genteng metal pasir adalah metal zincalume, pasir, zinc phosphate, coraltex, dan lainnya. Jika genteng pada umumnya memiliki tekstur yang halus, maka genteng metal pasir memiliki permukaan yang sedikit kasar. Tekstur tersebut dikarenakan penggunaan pasir dan material coraltex. Bukan tanpa alasan, penggunaan pasir pada genteng metal bertujuan untuk mempertebal sekaligus menambah nilai estetika. 

Kelebihan

jm-genteng-metal-pasir-zoom.jpg

  1. Tahan Korosi

Kelebihan genteng metal pasir yang pertama adalah ketahanannya terhadap korosi. Material yang digunakan dalam pembuatan genteng ini membuat genteng metal pasir tahan terhadap cuaca ekstrim, sinar UV, dan sebagainya. Dengan begitu, genteng jenis akan awet dan tidak memerlukan perawatan yang sulit.

 

  1. Ringan dan Mudah Dipasang

Lalu, jenis genteng ini juga memiliki bobot yang ringan dan mudah dipasang. Tentu, botobt yang ringan ini tidak akan menambah beban signifikan terhadap bangunan. Pemasangannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. 
 

  1. Meredam Suara

Jika Anda merasa terganggu dengan suara air hujan yang terkena genteng, maka menggunakan genteng metal pasir adalah pilihan yang tepat! Genteng metal pasir mampu meredam suara, sehingga suara hujan tidak akan terdengar.
 

  1. Anti api dan Tahan Petir

Kelebihan genteng metal pasir selanjutnya adalah tahan terhadap api dan petir. Dengan menggunakan jenis genteng ini, Anda memberikan perlindungan ekstra jika terjadi kebakaran maupun saat hujan lebat datang. Bangunan akan terasa lebih aman dan nyaman.

 

  1. Menambah Nilai Keindahan

Tidak dapat dipungkiri bahwa nilai estetika bangunan sangatlah penting. Maka dari itu pemilihan bahan, material, hingga warna pun harus diperhatikan. Genteng metal pasir memiliki banyak pilihan warna yang dapat Anda sesuaikan dengan selera maupun gaya bangunan. Pemilihan warna yang tepat tentu akan menambah nilai keindahan.

Kekurangan

jm-genteng-metal-pasir-var.jpg

  1. Tidak Tahan Tekanan

Di sisi lain, meskipun jenis genteng ini tahan terhadap korosi hingga cuaca ekstrim, tetapi tidak dengan tekanan. Hal ini dikarenakan ketebalan ukuran genteng metal pasir berkisar 0.2 hingga 0.4 mm saja. Genteng akan mudah rusak jika sering ditimpa beban berat maupun diinjak.
 

  1. Kurang Meredam Panas

Sayangnya, genteng metal pasir kurang mampu meredam panas dari luar. Menurut berbagai sumber, jenis genteng ini hanya meredam sekitar 70 persen saja. Hal ini membuat genteng ini kurang cocok untuk di daerah yang panas. Namun, Anda dapat mengakalinya dengan membuat ceiling yang tinggi dan menggunakan kipas/AC.

 

  1. Warna Mudah Pudar

Warna yang mudah pudar juga menjadi salah satu kekurangan genteng metal pasir. Hal ini dikarenakan pengecatan dilakukan di area permukaan saja, sehingga saat permukaan terkikis seiring berjalannya waktu, warnanya pun ikut memudar.

Beli Genteng Metal Pasir Terbaik di Juragan Material

Dari kelebihan dan kekurangan genteng metal pasir di atas, Anda dapat pertimbangkan kembali penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda berada di daerah yang tidak begitu panas dan seringkali turun hujan, maka jenis genteng ini dapat digunakan. Begitu juga sebaliknya.

Ada banyak merek genteng metal di pasaran, termasuk ketebalan dan ukuran genteng metal pasir. Untuk harga genteng metal pasir juga berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Jika Anda berencana membelinya, beli saja di Juragan Material! Kami menyediakan berbagai kebutuhan pembangunan, termasuk genteng metal pasir.


Semua produk di Juragan Material terjamin kualitas dan keasliannya. Harga yang kami tawarkan pun dijamin yang terbaik! Beli perlengkapan pembangunan di sini juga mudah, ada banyak metode pembayaran hingga pengiriman yang dapat Anda pilih. Temukan genteng metal pasir dan lainnya di sini!

Bagikan: