Diterbitkan Friday, 15 September 2023

5 Jenis Kloset yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Kloset.webp

Di dunia modern ini, masyarakat diberikan banyak pilihan untuk setiap hal, termasuk dalam mencari kloset untuk kamar mandi. Jika Juragan sedang merenovasi toilet kantor atau bahkan mengganti kloset lama dengan desain terbaru pada ruko atau gedung yang dikelola maka pahami dahulu berbagai jenis kloset yang tersedia di pasaran. 

Memahami masing-masing jenis kloset akan membuat Juragan mudah memilih mana yang terbaik dan yang dibutuhkan untuk kantor dan bangunan. Selagi mencari jenis-jenisnya, pahami juga karakteristik unik dan kelebihannya masing-masing sehingga Juragan dapat mengambil keputusan yang matang. 

Dari kloset duduk nyaman hingga kloset jongkok yang klasik, semua informasinya sudah tersedia dalam artikel ini. Jadi mari mulai pembahasannya sekarang juga!

Jenis-Jenis Kloset

Perkembangan zaman yang ada telah membawa peradaban manusia kepada kehidupan yang lebih baik dengan keberadaan berbagai alat canggih, seperti toilet duduk. Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi berjongkok untuk menggunakan kloset. 

Namun kembali lagi, pemilihan kloset akan bergantung pada kebutuhan Anda dalam penggunaannya di kantor atau gedung lainnya. Kalau begitu coba pahami masing-masing jenis kloset yang ada di bawah ini!

1. Kloset Duduk

Kloset Duduk.webp

Kloset duduk adalah salah satu jenis kloset yang paling umum dan populer digunakan. Tidak hanya digunakan rumah, kloset duduk juga banyak dipilih untuk penggunaan kantor dan gedung-gedung bertingkat lainnya. 

Seperti namanya, jenis kloset ini digunakan dengan posisi duduk. Kloset duduk dirancang sedemikian rupa dengan ketinggian yang nyaman sehingga mudah digunakan oleh berbagai kalangan usia, termasuk anak-anak dan lansia. 

Salah satu keunggulan kloset duduk adalah kemudahan pembersihan. Mayoritas kloset duduk dilengkapi dengan sistem flush sehingga kotoran dapat dibersihkan dengan cepat dan higienis. Selain itu kloset duduk juga memiliki beragam desain dan warna yang memungkinkan Anda menyesuaikannya dengan gaya dekorasi interior secara keseluruhan.

Kloset duduk sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni monoblok dan duo-blok yang akan dijelaskan sebagai berikut. 

A. Kloset Monoblok

Kloset Monoblok.webp

Kloset monoblok mengacu pada jenis kloset yang memiliki desain kompak dan terintegrasi. Dikatakan terintegrasi karena bak penampung air, tempat duduk, dan tangki airnya dibuat menjadi satu kesatuan utuh. 

Dalam kloset monoblok, tidak ada bagian yang dipisahkan seperti pada kloset konvensional yang memiliki tangki air terpisah. Desainnya yang sederhana tanpa celah antar komponen membuat kloset monoblok lebih mudah dibersihkan dan memberikan kesan modern yang estetis bagi kamar mandi.

B. Kloset Duo-Blok

Kloset Duo-Blok.webp

Kloset duo-blok mengacu pada jenis kloset yang terdiri dari dua bagian terpisah, yaitu tangki air dan bak penyiram. Bagian tangki air berfungsi untuk menyimpan air yang akan digunakan untuk menyiram kloset. Kemudian bak penyiram berfungsi sebagai tempat air yang akan digunakan untuk membersihkan kloset. 

Dua bagian ini dipasang terpisah di atas tanah atau lantai, biasanya dengan bantuan pipa-pipa khusus. Kloset duo-blok menawarkan kelebihan dalam hal perawatan dan perbaikan karena jika ada kerusakan pada salah satu bagian, Anda tidak perlu mengganti kloset secara keseluruhan.

Baca Juga: Perlengkapan Kamar Mandi Kantor yang Wajib Ada

2. Kloset Jongkok

Kloset Jongkok.webp

Kloset jongkok merupakan jenis kloset yang lebih umum digunakan di beberapa negara Asia dan Timur Tengah. Meskipun kini kloset duduk lebih populer, ada beberapa orang yang masih memilih kloset jongkok atas alasan kesehatan dan kebersihan. Namun untuk beberapa orang, penggunaan kloset jongkok mungkin kurang nyaman, terutama jika mereka tidak terbiasa dengan posisi tersebut.

3. Kloset Gantung

Kloset Gantung.webp

Kloset gantung menjadi varian lainnya dari jenis kloset duduk yang sering ditemui di fasilitas umum seperti kamar mandi restoran atau hotel. Pasalnya kloset gantung memberikan kesan elegan dan kemewahan pada kamar mandi Anda. Sama seperti namanya, kloset ini dipasang di dinding dengan bantuan kaki atau penyangga yang kokoh. 

Salah satu keuntungan utama kloset gantung berada pada aspek pembersihannya yang terbilang cukup mudah. Kloset gantung membuat Anda bisa membersihkan area lantai di sekitar kloset tanpa masalah sehingga seluruh kamar mandi bisa tetap terjaga kebersihannya dan wangi ketika digunakan. 

4. Kloset Tanam

Kloset Tanam.webp

Kloset tanam secara umum dipasang langsung ke dinding kamar mandi sehingga bagian belakang dan pipa kloset tertanam di dalam dinding. Hasilnya, kamar mandi terlihat lebih bersih dan modern karena tidak ada bagian bawah kloset yang terlihat. Namun perlu diingat bahwa pemasangan kloset tanam memerlukan perencanaan yang lebih matang dan biaya tambahan untuk menyesuaikan dinding kamar mandi.

5. Kloset Rimless

Kloset Rimless.webp

Kloset rimless termasuk jenis kloset duduk tetapi sengaja dirancang tanpa tepi dalam mangkuknya. Tidak seperti kloset konvensional yang memiliki tepi di dalam mangkuk, kloset rimless memiliki permukaan yang rata sehingga memudahkan pembersihan.

Tidak ada sudut-sudut yang sulit dijangkau oleh sikat pembersih sehingga kloset ini lebih higienis. Melalui desain yang inovatif ini, kloset rimless juga banyak dipilih oleh yang mengutamakan kebersihan dan kemudahan perawatan.

Baca Juga: Rekomendasi Kloset Duduk untuk Rumah

Begitu banyaknya pilihan jenis kloset yang ada saat ini, Juragan tentu memiliki kesempatan untuk memilih kloset seperti apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Sebelum memutuskan, cobalah pertimbangkan gaya hidup, ukuran kamar mandi, dan anggaran yang Juragan miliki.

Anda bisa langsung mengunjungi Juragan Material untuk menemukan berbagai jenis kloset berkualitas. Juragan Material merupakan salah satu tempat yang bisa Anda percaya karena kualitas kloset duduk yang tinggi dengan berbagai pilihan desain menarik. 

Juragan Material pasti akan membantu Anda mendapatkan kloset yang sesuai dengan kebutuhan tanpa harus bingung melakukan perbandingan. Pemilihan kloset yang tepat pasti akan membuat kamar mandi Anda menjadi lebih fungsional, estetis, dan nyaman untuk digunakan. 

Jangan ragu untuk menghubungi Juragan Material dan temukan kloset duduk berkualitas sekarang juga!

Bagikan: