Diterbitkan Tuesday, 05 September 2023

4 Cara Mengatasi Kran Air Mampet

Kran Air Mampet.webp

Juragan, pernahkah Anda mengalami masalah kran air mampet di rumah, tempat kerja, atau bangunan? Bukankah masalah seperti ini sangat mengganggu? Pasalnya setiap hari air sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya masalah ini? Tenang saja, jangan khawatir, karena dalam artikel ini sudah tersedia informasi lengkap mengenai berbagai cara mengatasi keran air yang mampet dengan mudah dan efektif. Melalui pengetahuan ini semoga Juragan dapat menyelesaikan masalah keran air yang mampet tanpa perlu panik berlebihan. 

Sudah siap belajar? Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Keran Air Mampet pada Bangunan

Mengatasi masalah keran air mampet akan lebih efektif jika Anda sudah memahami berbagai penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa penyebab umum keran air yang mampet.

1. Penumpukan Kerak dan Kotoran

Penyebab utama dari keran air yang mampet adalah penumpukan kerak dan kotoran di dalamnya. Ketika air mengandung mineral seperti kapur, kalsium, atau magnesium maka partikel-partikel ini dapat mengendap dan menempel pada permukaan dalam keran seiring berjalannya waktu. 

Akibatnya, lubang keluar air pada keran akan menyempit, menghambat aliran air, hingga membuat keran terasa berat saat dibuka atau ditutup.

2. Serpihan Karat

Ketika pipa atau keran terbuat dari material besi maka korosi atau karat dapat terbentuk di bagian dalam pipa seiring berjalannya waktu. Serpihan karat ini kemudian dapat masuk ke dalam saluran pipa dan menumpuk di dalam keran. Tentunya hal ini akan membuat aliran air menjadi terhambat sampai akhirnya Anda jadi kesulitan untuk membuka dan menutup keran.

3. Benda Asing

Terkadang, benda asing seperti serpihan sabun, rambut, serat handuk, atau benda kecil lainnya dapat masuk ke dalam saluran pipa dan menyebabkan keran air tersumbat. Benda-benda yang tidak seharusnya ada di dalam keran jelas akan menghambat dan menutup aliran air. 

4. Permasalahan Pada Katup atau Sealing

Katup atau sealing pada keran dapat mengalami keausan atau kerusakan seiring penggunaan yang terus-menerus. Jika katup atau sealing tidak berfungsi dengan baik maka aliran air dapat terganggu dan menyebabkan keran menjadi mampet hingga bocor.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Keran Bocor

5. Masalah Pada Instalasi Pipa

Masalah pada instalasi pipa atau keran air juga dapat menyebabkan keran mampet. Ketidaksempurnaan dalam instalasi pipa dapat menyebabkan saluran pipa menjadi bengkok atau tidak rata yang kemudian menghambat aliran air.

4 Cara Memperbaiki Keran Air Mampet

Cara Memperbaiki Keran Air Mampet.webp

Apabila masalah keran air mampet yang terjadi di kantor atau gedung Anda memiliki penyebab seperti yang sudah dijelaskan maka ada cara mudah untuk mengatasinya. Anda tidak perlu khawatir karena cara memperbaikinya pun hanya membutuhkan alat-alat sederhana yang bisa dicari dengan mudah. Coba ikuti cara-cara melakukannya di bawah ini: 

1. Membersihkan Kerak dan Kotoran

Langkah pertama yang dapat Anda coba ialah membersihkan kerak dan kotoran di dalam keran. Anda bisa mulai dengan melepaskan bagian keran yang mampet, seperti ujung keran atau aerator. Kemudian rendam bagian yang tersumbat ke dalam larutan cuka atau campuran air dan baking soda selama beberapa waktu. 

Setelah itu sikat bagian dalam keran dengan sikat gigi bekas atau sikat kawat untuk mengangkat kerak dan kotoran yang menumpuk. Pastikan Anda membersihkan semua bagian dengan saksama, termasuk lubang-lubang kecil yang mungkin tertutup oleh kotoran.

2. Menggunakan Pengurai Pipa

Jika setelah membersihkan kerak dan kotoran keran masih tetap mampet, Anda bisa mencoba menggunakan pengurai pipa yang tersedia di toko-toko peralatan rumah tangga. Tinggal ikuti saja petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan pengurai pipa dengan benar. 

Biasanya pengurai pipa mengandung bahan kimia yang dapat melarutkan clog atau penyumbat di dalam pipa, termasuk kerak atau kotoran yang menyebabkan keran menjadi mampet.

3. Memeriksa dan Mengganti Katup

Cobalah untuk memeriksa kondisi katup atau sealing yang terpasang di dalam keran. Jika ada yang rusak atau aus maka segeralah menggantinya dengan yang baru. Anda bisa membeli katup atau sealing baru di toko-toko peralatan rumah tangga. Namun pastikan Anda memilih katup atau sealing yang sesuai dengan model dan ukuran keran sehingga pemasangannya tepat.

4. Memeriksa dan Mengganti Bagian Dalam Keran

Keran masih belum berfungsi dengan baik? Kemungkinan besar masih ada bagian dalam keran yang mengalami masalah. Untuk itu Anda bisa kembali membongkar keran dan memeriksa bagian dalamnya. 

Jika ada bagian yang rusak maka pastikan Anda segera menggantinya dengan yang baru. Anda bisa mencari bagian pengganti yang dibutuhkan di toko-toko peralatan rumah tangga atau meminta bantuan dari teknisi jika diperlukan.

Tips Agar Keran Air Tidak Mampet

Sama seperti pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, masalah keran air yang mampet pun sebaiknya dihindari dengan melakukan berbagai pencegahan. Supaya hal ini tidak terjadi di gedung atau tempat bekerja, pastikan Anda mengikuti tips-tips berikut:

1. Bersihkan Keran Secara Berkala

Salah satu cara terbaik untuk mencegah keran air menjadi mampet ialah dengan membersihkannya secara berkala. Anda bisa menjadwalkan pembersihan pada bagian dalam keran dan aerator setidaknya setiap 3-6 bulan sekali.

Gunakan larutan cuka atau campuran air dan baking soda untuk membersihkan keran hingga kotoran yang menumpuk di dalamnya menghilang. Pembersihan rutin ini akan menjaga aliran air tetap lancar dan menghindari penyumbatan.

2. Gunakan Filter Air

Memasang filter air bisa jadi alternatif yang mudah untuk membuat keran air tetap bersih. Pasalnya kotoran, debu, atau partikel lain yang bisa menyumbat pipa dapat tersaring supaya keran tidak tersumbat. Proses membersihkannya pun tidak sulit karena Anda bisa mencuci atau bahkan langsung menggantinya dengan yang baru. 

3. Sesuaikan Pipa dengan Tekanan Air

Meskipun keran air yang digunakan sudah berkualitas, tetapi jika pipa atau pompa yang digunakan tidak tepat maka pasti akan terjadi masalah. Tentu akan sangat berbahaya apabila Anda menggunakan pipa yang terlalu besar atau kecil karena keduanya dapat mengakibatkan masalah lebih besar daripada mampet, seperti kebocoran. 

Setelah mengetahui cara mengatasi kran air mampet, tentu Anda tidak perlu khawatir lagi jika mengalami masalah serupa pada masa depan. Namun cobalah untuk selalu membersihkan keran secara berkala atau menggunakan filter air untuk menghindari masalah mampet.

Baca Juga: Jenis Kran Air Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya

Apabila semua cara telah dilakukan tetapi keran masih tidak bekerja sesuai dengan fungsinya maka lebih baik Juragan menggantinya dengan yang baru. Juragan bisa mencari keran air berkualitas di Juragan Material sekarang juga. 

Keran air berkualitas tidak hanya menjaga aliran air tetap lancar, tetapi juga bisa digunakan untuk waktu yang panjang sehingga Juragan tidak perlu menggantinya terlalu sering. Jangan ragu memilih keran air berkualitas untuk berbagai kebutuhan perusahaan maupun gedung kantor hanya di Juragan Material!

Bagikan: