Diterbitkan Tuesday, 25 July 2023

5 Macam-macam Obeng yang Dapat Membantu Proses Konstruksi

Macam-macam Obeng.webp

Apakah Juragan berencana memulai proses konstruksi? Atau bingung mencari perkakas yang ingin digunakan? Kalau begitu, penting bagi Juragan memiliki macam-macam obeng untuk berbagai kebutuhan. Obeng merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki ketika melakukan proses konstruksi.

Dalam proses konstruksi atau perakitan berbagai elemen dalam bangunan obeng digunakan untuk membuka dan mengencangkan berbagai jenis baut dan sekrup. Apabila Juragan memiliki koleksi obeng yang lengkap, maka Juragan bisa dengan mudah menangani berbagai jenis pekerjaan tersebut. 

Untuk mengetahui jenis obeng apa saja yang harus Juragan miliki untuk membantu proses konstruksi, Anda bisa simak uraian lengkap di bawah ini.

Baca Juga: Beginilah Cara Penggunaan Obeng Ketok yang Benar

Macam-macam Obeng Beserta Fungsinya Masing-masing

Obeng hadir dalam berbagai macam dan bentuk, serta penggunaannya juga tergantung dengan jenis dan ukuran sekrup yang digunakan. Untuk menyediakan alat yang tepat sebagai seorang kontraktor, penting bagi Anda memiliki berbagai jenis obeng tersebut. Yuk langsung simak saja macam-macam obeng tersebut beserta fungsinya berikut ini. 

1. Obeng Minus (Slotted)

Obeng Minus (Slotted).webp

Obeng minus atau yang juga dikenal dengan sebutan obeng slotted, memiliki desain yang sederhana namun sangat efektif. Salah satu kelebihan utama dari obeng minus adalah desainnya yang mudah dikenali dan dapat digunakan pada berbagai jenis baut atau sekrup dengan slot. 

Dalam proses konstruksi, obeng minus sering digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut pada bagian tertentu dalam konstruksi yang memiliki kepala baut atau sekrup berbentuk minus. Obeng ini juga digunakan untuk keperluan lain seperti mempermudah membuka kaleng cat. 

2. Obeng Plus (Phillips)

Obeng Plus (Phillips).webp

Obeng plus atau obeng Phillips, merupakan salah satu jenis obeng yang sangat umum digunakan. Obeng ini memiliki ujung berbentuk silang dengan empat goresan yang sesuai dengan baut atau sekrup yang memiliki alur silang pada bagian kepalanya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mur dan Baut dalam Konstruksi Bangunan

Jenis obeng ini umumnya digunakan pada konstruksi yang memerlukan pengencangan baut atau sekrup seperti pada kusen pintu atau jendela.

3. Obeng Elektrik

Obeng Elektrik.webp

Obeng elektrik merupakan salah satu jenis obeng yang sangat mudah digunakan karena mengandalkan tenaga listrik, sehingga penggunaannya tidak memerlukan banyak tenaga fisik. Cara penggunaan obeng ini cukup sederhana, yaitu dengan menekan tombol start untuk menghidupkan mesin.

Umumnya, obeng elektrik dilengkapi dengan berbagai jenis mata sekrup, seperti mata sekrup plat dan mata sekrup kembang. Hal ini justru memudahkan Juragan untuk menggunakan obeng elektrik dalam berbagai situasi, tergantung pada jenis dan ukuran sekrup yang akan digunakan.

Tenaga listrik yang dihasilkan oleh obeng ini akan menghasilkan putaran yang cepat dan kuat, sehingga memudahkan Juragan dalam menyelesaikan tugas yang melibatkan sekrup dalam jumlah yang banyak atau pada area yang sulit dijangkau.

4. Obeng Ratchet

Obeng Ratchet.webp

Obeng dengan sistem ratchet memiliki bentuk yang mirip dengan pistol, dengan gagang yang dapat menyimpan berbagai jenis mata sekrup, termasuk sekrup pipih, sok, dan kembang. Jika perlu mengganti mata sekrup, bagian ujung obeng dapat dibongkar-pasang dengan mudah.

Keunggulan dari sistem ratchet adalah kemampuannya dalam melakukan penyetelan dan pemasangan sekrup dengan cepat dalam satu arah. Alhasil Juragan dapat dengan mudah memutar obeng hanya pada satu arah tertentu, tanpa perlu mengangkat obeng dari sekrup. Hal ini sangat membantu dalam pekerjaan yang membutuhkan putaran berulang dan cepat.

5. Obeng Tespen

Obeng Tespen.webp

Dalam proses konstruksi, sistem kelistrikan juga menjadi bagian penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Untuk mengecek status aliran listrik yang sudah dirangkai, Juragan bisa menggunakan obeng tespen. Selain untuk mengencangkan baut dan sekrup, obeng ini memiliki kemampuan untuk mengecek apakah ada aliran listrik yang sedang mengalir.

Biasanya hanya Anda hanya perlu menempelkannya pada permukaan kabel. Jika ada aliran listrik, maka lampu atau indikator pada obeng ini kan menyala. Jika tidak ada, maka indikator ini tidak akan memberikan respon sama sekali.

Dalam mengoperasikan obeng, penting untuk memilih obeng yang tepat dan sesuai dengan jenis baut atau sekrup yang akan digunakan. Menggunakan obeng yang salah dapat merusak baut atau sekrup serta alat itu sendiri. 

Apabila Juragan memiliki koleksi obeng yang lengkap, Anda dapat dengan mudah menangani berbagai jenis pekerjaan, termasuk proses konstruksi.

Apalagi setiap proses pembangunan atau konstruksi memiliki komponen yang dilengkapi dengan baut atau sekrup, begitu pun setiap macam-macam obeng memiliki fungsinya masing-masing. Jadi, penting bagi Juragan memiliki berbagai jenis obeng yang beragam untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tidak hanya berbagai macam obeng, Juragan juga memerlukan perkakas listrik lainnya untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan konstruksi dengan cepat dan efisien. Anda bisa mencari perkakas listrik berkualitas tinggi di Juragan Material. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Juragan Material sekarang juga untuk melengkapi kegiatan konstruksi Anda.

Bagikan: