Diterbitkan Tuesday, 08 November 2022

6 Alasan Mengapa Anda Selaku Kontraktor Harus Menggunakan ACP

acp adalah.png

Bagi sebagian besar orang, mungkin ACP adalah istilah yang belum familier di telinga. Padahal, ACP adalah salah satu material yang banyak digunakan dalam bangunan komersial, seperti hotel, mal, hingga gedung perkantoran. Jadi, walaupun belum pernah mendengar mengenai apa itu ACP, tetapi kemungkinan besar Juragan sudah pernah melihatnya.

Melalui artikel ini, Juragan dapat mempelajari secara lebih dalam mengenai apa itu ACP. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui mengenai apa saja jenis-jenis ACP, kelebihannya, serta pengaplikasiannya. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu ACP?

acp adalah

Aluminium Composite Panel atau disingkat ACP adalah sebuah material konstruksi yang terbuat dari kombinasi antara panel aluminium dengan bahan komposit. Biasanya, Alumunium Composite Panel yang satu ini sering digunakan pada berbagai macam bangunan komersial, mulai dari hotel, mal, hingga gedung perkantoran.

Aluminium Composite Panel (ACP) terdiri dari bahan komposit dimana inti thermoplastic polythene dan inti memiliki daya tahan api yang diapit oleh dua lembaran aluminium tipis. Walaupun begitu, polythene bukan merupakan bahan yang tahan api. Jadi, Anda harus memastikan bahwa ACP tersebut memiliki inti lain yang tahan dengan api.

Biasanya, Anda dapat menemukan Aluminium Composite Panel dengan ukuran lebar 1.200 hingga 1.600 mm dan ketebalan satu hingga 10 mm di pasaran. Umumnya, ACP memiliki bentuk seperti lembaran yang kaku dan memiliki warna menarik, serta bobotnya juga relatif ringan tetapi kuat. Selain itu, Anda juga dapat mengkustomisasi permukaan ACP sesuai dengan keinginan, seperti membuat pola kayu atau keramik.

Apa Saja Jenis-Jenis ACP?

Anda dapat menemukan dua jenis Aluminium Composite Panel (ACP) yang berbeda di pasaran, yakni jenis pvdf (poly vinyl) dan jenis PE (Polyester) .Berikut ini penjelasan lengkapnya yang dapat digunakan untuk konstruksi bangunan.

1. PVDF (Poly vinyl de Flouride or Polyvinylidene Difluoride)

ACP PVDF memiliki lapisan yang sangat tebal, dapat bertahan dalam berbagai cuaca yang ekstrem, serta warnanya tidak akan mudah pudar. Oleh karena itu, ACP PVDF ini sangat cocok untuk digunakan pada bagian eksterior sebuah bangunan. Harga dari ACP PVDF ini relatif mahal karena berbagai macam keunggulannya tersebut.

2. PE (Polyester)

ACP jenis Polyester hanya memiliki satu lapisan, yang mana membuatnya lapisannya lebih tipis. Oleh karena itu, harga dari jenis Polyester pe ini lebih murah dari jenis PVDF. Biasanya, ACP Polyester sering digunakan untuk konstruksi interior sebuah bangunan, seperti untuk plafon, partisi, atau penutup kolom.

Baca Juga: Memilih Bahan Bangunan Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Mengapa Bangunan Harus Menggunakan ACP?

Banyak sekali bangunan komersial yang menggunakan Aluminium Composite Panel (ACP) pada konstruksinya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ACP sering digunakan.

1. Tahan Terhadap Berbagai Cuaca

ACP yang terbuat dari lapisan aluminum dan bahan komposit dapat bertahan terhadap berbagai macam cuaca, baik itu yang panas terik maupun hujan deras. Selain itu, ACP juga mampu menahan korosi, garam, asam, serta sinar ultraviolet. Bahkan, lembaran ACP dapat bertahan hingga puluhan tahun tanpa perlu diganti dan ramah lingkungan.

2. Bobotnya Ringan

Meskipun ACP memiliki bentuk yang sangat kaku dan kuat, tetapi bobot dari setiap lembarannya relatif ringan, yaitu sekitar 3,5 kg hingga 5,6 kg per m2. Berkat bobotnya yang ringan, setiap lembaran ACP dapat dengan mudah diangkat dan dipindahkan. Jadi, pekerja konstruksi juga dapat bekerja dengan jauh lebih mudah.

3. Mudah Diaplikasikan

Salah satu keunggulan ACP yang membuatnya banyak digunakan adalah kemudahan pengaplikasiannya. ACP dapat dengan mudah dibentuk, dilipat, dibor, hingga melengkungkan ACP dengan mudah. Bahkan, proses pemasangannya juga dapat dilakukan dengan peralatan yang sederhana dan mudah ditemukan.

4. Tahan Terhadap Benturan

ACP memiliki permukaan yang kaku sehingga membuat lapisannya tidak mudah tergores dan tidak mudah patah. Jadi, ketika hendak memindahkan atau mengangkat lembaran ACP, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi benturan karena hal tersebut tidak akan memengaruhi bentuk dari lembaran ACP tersebut.

5. Tampilan yang Indah

Lembaran ACP memiliki permukaan yang rata dan halus, jadi tampilannya akan sangat cantik dan bahkan bisa terlihat mengilap ketika terkena sinar matahari. Oleh karena itu, bagian eksterior bangunan yang dilapisi menggunakan ACP dapat terlihat sangat cantik, elegan, mewah, dan menambah nilai estetikanya. Jadi, tidak mengherankan jika memang banyak bangunan komersial yang menggunakan material satu ini.

6. Dapat Dikustomisasi

Apabila Anda tidak ingin menggunakan lembaran ACP dengan permukaan yang hanya memiliki satu warna, tenang saja karena Anda dapat mengkustomisasi permukaan ACP. Beberapa produsen ACP menyediakan opsi kustomisasi di mana Anda dapat menyesuaikan permukaannya seperti menjadi motif kayu atau keramik.

Baca Juga: 7 Jenis Atap Kanopi dan Manfaatnya

Apa Saja Kekurangan ACP?

ACP dengan daya tahan yang dimilikinya banyak dipakai sebagai penutup permukaan dinding. Bahan ACP biasa digunakan untuk rumah ataupun interior bangunan dengan konsep minimalis sesuai dengan spesifikasi ruangan. 

Penggunaan ACP dikombinasikan dengan bahan logam atau kaca, yang bertujuan untuk memperindah tampilannya baik dari segi warna dan pola. Meski begitu, pemasangan ACP tetap memiliki kekurangan, yaitu sebagai berikut:

  • Lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama.
  • Kekuatan terhadap tekanan angin kurang sehingga mengakibatkan adanya risiko terhadap keselamatan karena konstruksi yang kurang baik.
  • Suhu tinggi lapisan inti bisa menggelembung, hal ini mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga bisa mengurangi keindahan.
  • Bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium akan mengeluarkan gas beracun dalam suhu panas yang tinggi.
  • Meski lembarannya tahan api, harganya dianggap relatif mahal.
  • Diperlukan adanya tenaga pemasangan khusus yang professional.
  • Memiliki resiko sambaran petir lebih tinggi karena terbuat dari logam.

Cara Memasang ACP Pada Bangunan Komersial

Hal pertama yang harus diingat ketika hendak memasang ACP adalah Anda tidak dapat memasangnya sendiri, kecuali Anda adalah ahlinya. Jadi, pastikan untuk menggunakan tenaga ahli ketika hendak memasang ACP. Namun, jika Anda ingin mengetahui bagaimana seorang ahli memasang ACP, berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya.

1. Plester Dinding

Sebelum memasang ACP, pastikan untuk memplester dinding yang ingin dipasangkan ACP terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus memasang bracket pada dinding tersebut. Jangan sampai plesteran yang pada dinding tersebut belum siap dan bracket belum terpasang.

2. Marking

Setelah dinding diplester dengan baik, selanjutnya Anda perlu melakukan proses marking agar ACP dapat terpasang dengan sempurna. Pastikan untuk melakukan marking dengan sangat teliti dan saksama agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Gunakan ACP yang Sesuai

Pastikan Anda menggunakan jenis ACP yang sesuai dengan fungsinya. Jika ingin memasang ACP di luar ruangan, maka Anda sebaiknya menggunakan ACP jenis PVDF. Sementara itu, jika ingin memasang ACP di bagian dalam rumah, maka akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan ACP jenis PE saja.

Baca Juga: Mengenal Scaffolding yang Sering Digunakan Oleh Penyedia Jasa Konstruksi

Berapa Harga Acp?

Penerapan ACP banyak kita jumpai pada bangunan-bangunan komersial di sekitar kita seperti mal, hotel, kantor, dan sebagainya. Lantas berapa harga ACP?

  1. ACP Seven Marks 3 mm Rp315.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  2. ACP Seven PVDF 0.30 mm Standard Rp776.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  3. ACP Globond PE 0.30 mm Rp559.250 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  4. ACP Decobond 2 mm Rp305.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  5. ACP Aluprima Insta Serat Kayu 3 mm Rp310.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  6. ACP JIYU PE 0.21 mm Double Side Rp620.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  7. ACP Alustar 0.21 mm Rp700.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  8. ACP Alumebond 0.21 mm Rp648.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  9. ACP Luminate 0.21 mm Rp600.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  10. ACP Ferobond 0.21 mm PE Rp725.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm

Apabila Juragan sedang melakukan konstruksi dan membutuhkan material seperti ACP, langsung saja berbelanja di Juragan Material. Kami menyediakan berbagai macam material bangunan yang lengkap dan dapat dipesan secara online. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

Bagikan: