Diterbitkan Tuesday, 22 November 2022

7 Jenis Atap Kanopi dan Fungsinya bagi Bangunan

Jenis Atap Kanopi.webp

Ada banyak jenis atap kanopi yang dapat Anda gunakan, baik untuk rumah ataupun gedung. Setiap jenis atap kanopi tentu saja memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus dapat memilih atap kanopi yang tepat dan sesuai dengan budget serta desain dari rumah, gedung, atau bangunan yang sedang didirikan.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi mengenai apa saja jenis atap kanopi yang dapat digunakan. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda mempelajari apa yang dimaksud dengan atap kanopi terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Atap Kanopi?

Atap kanopi adalah jenis atap yang dirancang untuk melindungi area outdoor seperti teras, halaman, atau garasi dari sinar matahari, hujan, dan cuaca ekstrem lainnya. Atap kanopi terdiri dari rangka dan pelat penutup yang menutupi area di bawahnya.

Rangka kanopi umumnya terbuat dari bahan yang ringan seperti baja ringan atau aluminium, sedangkan pelat penutupnya dapat terbuat dari berbagai bahan seperti polikarbonat, kaca, atau serat fiber kaca.

Selain menempel pada bangunan, kanopi juga dapat berdiri sendiri, seperti gazebo atau kabana. Walaupun biasanya menggunakan material yang keras dan berat seperti logam, tetapi ada beberapa jenis kanopi yang menggunakan material kain.

Pada zaman sekarang, sudah ada banyak kain modern yang tahan lama, cerah, mudah dibersihkan, kuat, dan bahkan tahan api. Jadi, jangan heran jika menemukan banyak rumah yang menggunakan jenis atap kanopi kain.

Baca Juga: Jenis Batu Alam yang Sering Digunakan untuk Konstruksi Bangunan

cta_register_march24_1.webp

Apa Saja Jenis Atap Kanopi?

Banyak sekali jenis atap yang dapat digunakan untuk kanopi, mulai dari yang menggunakan material logam, baja ringan hingga kain. Berikut ini adalah beberapa jenis kanopi yang perlu Anda ketahui.

1. Atap Kanopi Polycarbonate

Atap Kanopi Polycarbonate.webp

Atap kanopi polycarbonate adalah salah satu jenis atap kanopi yang paling banyak digunakan. Polycarbonate sendiri adalah sebuah material yang terbuat dari polimer spesial dan terlihat seperti plastik bening atau kaca bening. Berkat kejernihan tampilannya, atap kanopi polycarbonate sangat cocok digunakan untuk indeks pembiasan yang tinggi, seperti untuk partisi ruangan.

Atap jenis ini biasanya dikenal dengan kanopi solartuff dan kanopi solarflat. Perbandingan paling mencolok dari keduanya adalah pada bentuk atapnya. Atap solartuff memiliki bentuk yang bergelombang sementara solarflat memiliki permukaan yang datar.

Sebagai atap kanopi, biasanya material polycarbonate digunakan untuk kanopi yang dipasang pada pintu masuk, baik itu untuk rumah maupun bangunan komersial seperti gedung perkantoran, area perbelanjaan, dan lain sebagainya. Selain itu, atap kanopi polycarbonate juga memiliki daya tahan yang tinggi, sangat kuat, anti pecah, serta pemasangannya mudah.

Atap polycarbonate mempunyai kelebihan, yaitu dapat menahan panas dan menyerap sinar matahari dengan maksimal. Material ini juga dinilai awet karena dapat bertahan selama 5-10 tahun. Selain itu, atap jenis ini juga memiliki sifat kokoh, kuat, dan ringan.

2. Atap Kanopi Kaca

Atap Kanopi Kaca.webp

Selain polycarbonate, kaca juga merupakan salah satu jenis atap kanopi yang paling banyak digunakan. Material kaca yang digunakan sebagai atap kanopi dapat dengan mudah membuat tampilan dari bangunan menjadi lebih elegan, mewah, dan berkelas. Anda dapat memadukan atap kanopi kaca dengan batangan yang berbahan besi hollow berwarna hitam untuk menambah estetikanya.

Walaupun begitu, atap kanopi kaca biasanya membutuhkan perawatan yang lebih. Material kaca memang lebih rentan pecah, jadi Anda harus melindunginya dari berbagai bahan yang solid. Tidak hanya itu saja, akibat warnanya yang benar-benar bening, ketika ada dedaunan yang bersarang di bagian atasnya, maka atap kanopi Anda akan terlihat kotor. Jadi, Anda harus rutin membersihkan atap kanopi kaca agar tetap terlihat bersih dari bawah.

Baca Juga: Desain Pagar Tembok Rumah Minimalis dan Unik

Meskipun mudah pecah dan rawan terlihat kotor, namun atap kanopi berjenis kaca memiliki beberapa kelebihan lain yang patut dipertimbangkan. Salah satunya adalah atap ini cocok untuk digunakan pada wilayah tropis, seperti di negara Indonesia. Hal ini dikarenakan Anda dapat menikmati suasana ruang terbuka ketika Anda sedang duduk di teras dengan kanopi berjenis kaca.

3. Atap Kanopi Alderon

Atap Kanopi Alderon.webp

Atap kanopi alderon terbuat dari bahan Unplasticized Polyvinyl Chloride (uPVC) yang merupakan bahan bangunan dengan perawatan rendah. Selain itu, alderon juga dapat membantu meredam suara serta udara panas sehingga dapat membuat area di bawahnya menjadi tidak begitu bising dan lebih sejuk.

Tidak hanya itu saja, material alderon memiliki rongga-rongga yang membuat sirkulasi udara di area sekitarnya menjadi lebih baik. Alderon juga sangat baik dalam menahan sinar matahari karena sudah dilengkapi dengan anti UV, membuatnya lebih tahan lama dan dapat menjaga warnanya agar tidak mudah pudar. Atap kanopi alderon juga memiliki daya tahan yang tinggi dan tidak mudah pecah.

Kelebihan lainnya dari atap kanopi alderon adalah jika hujan turun, maka Anda tak perlu khawatir terhadap suara bising yang ditimbulkan dari tetesan air hujan, karena material alderon dapat meredam suara air hujan dengan baik.

4. Atap Kanopi Go Green

Atap Kanopi Go Green.webp

Sesuai dengan namanya, atap kanopi go green terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Biasanya, bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah kanopi baja ringan daur ulang yang bebas toxic sehingga kesehatan penghuni rumah atau pengunjung bangunan dapat lebih terjaga. Selain itu, atap kanopi go green juga anti karat dan bebas dari korosi, membuatnya dapat tahan lebih lama.

Selain semua keunggulan di atas, bahan kanopi go green juga harganya relatif murah dibandingkan dengan jenis atap kanopi lainnya. Walaupun murah, tetapi atap kanopi go green tetap memiliki kualitas yang baik dan sangat cocok untuk diterapkan pada berbagai macam model rumah minimalis, apalagi ada beberapa pilihan warna yang dapat digunakan.

Atap jenis ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap UV sebanyak 100%. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir terhadap sengatan sinar matahari yang dapat menyerang Anda maupun keluarga Anda. Selain itu, atap ini terbuat dari bahan yang lentur dan ringan, sehingga tingkat kelenturan atap ini tergolong prima.

5. Atap Kanopi Kain

Atap Kanopi Kain.webp

Atap kanopi kain memiliki harga yang sangat murah karena material yang digunakan hanya kain. Walaupun begitu, kain tersebut dapat tetap melindungi bagian bangunan yang dipasangi oleh kanopi, meskipun memang tidak akan sekuat material keras lainnya. Namun, bahan atap kanopi kain cenderung dapat membuat tampilan dari bangunan menjadi lebih cantik karena ada banyak sekali pilihan warna yang dapat digunakan.

Atap kanopi kain sendiri memang lebih sering digunakan untuk kanopi yang berdiri sendiri, seperti tenda. Namun, beberapa bangunan seperti kafe atau restoran sering menggunakan atap kanopi kain untuk melindungi bagian luarnya dari cahaya matahari dan hujan atau salju.

Selain memiliki nilai estetika dan dapat melindungi dari cahaya matahari maupun hujan, kanopi kain juga tergolong relatif cepat untuk dipasangkan. Hal ini dikarenakan ketika kanopi ini selesai dikerjakanAnda hanya perlu memasang kanopi di rumah atau bangunan yang Anda miliki, dan melakukan sedikit finishing. Sehingga, Anda dapat menghemat waktu ketika memasang kanopi kain.

6. Atap Kanopi Spandek Zincalume

Atap Kanopi Spandek Zincalume.webp

Kanopi berikutnya adalah jenis atap yang terbuat dari bahan spandek sehingga disebut juga atap spandek atau kanopi zincalume. Bahan material satu ini bersifat tidak transparan dan juga dapat memantulkan panas. Material kanopi zincalume cenderung lebih tipis sehingga perlu perhatian ekstra sebab jika salah memasangnya dapat berakibat penyok atau bengkok.

Atap kanopi jenis zincalume dibekali lapisan resin sehingga tampilannya lebih bersih serta halus. Selain itu, harga kanopi spandek ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan kanopi polycarbonate dan kaca. Selain lebih terjangkau, kanopi spandek juga lebih tahan lama dibandingkan kanopi polycarbonate, di mana kanopi ini mampu bertahan selama 30 tahun atau lebih.

7. Atap Kanopi Membrane

Atap Kanopi Membrane.webp

Salah satu jenis kanopi yang kerap kali ditemui di tempat hiburan seperti restoran dan tempat rekreasi, adalah kanopi membrane. Sifat dari kanopi ini cenderung elastis karena terbuat dari material kain dan dipakai sebagai pembentuk atap dengan kreasi bentuk yang unik.

Selain itu, kanopi membrane juga bisa meningkatkan estetika dari sebuah bangunan. Tidak hanya digunakan untuk kanopi, membran juga bermanfaat untuk menghemat biaya pemasangan atap dan genteng.

Selain itu, kanopi jenis ini memiliki ketahanan tinggi terhadap sinar matahari, dan sifatnya yang elastis membuat kanopi ini tidak mudah robek. Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan kanopi jenis ini dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Model Atap Rumah Minimalis Khas Rumah Cluster

Fungsi dan Kegunaan Atap Kanopi

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, terdapat berbagai varian material dan jenis kanopi yang tersedia di pasaran. Namun nyatanya, disamping bentuk serta motifnya yang unik, kanopi rumah juga mempunyai beragam fungsi serta kegunaan, berikut ini diantaranya:

1. Perlindungan dari Cuaca

Secara umum, kanopi berfungsi untuk melindungi rumah dari berbagai kondisi cuaca seperti panas, hujan, dan angin. Kanopi juga bisa membantu menjaga sirkulasi kesejukan rumah, menghalau air hujan masuk, membiaskan cahaya matahari, serta menjaga kebersihan area depan rumah.

2. Fungsi Pendukung Bagian Depan Rumah

Selain sebagai garasi kendaraan semi tertutup, atap kanopi juga dapat digunakan sebagai tempat bersantai atau berkumpul bersama keluarga atau kerabat di bagian depan rumah. Anda juga bisa menyimpan beberapa kursi serta meja untuk menambah estetika.

3. Menambah Dekorasi Rumah

Rumah dengan menggunakan atap kanopi di bagian depan bisa berfungsi sebagai dekorasi eksterior, sehingga menimbulkan kesan artistik dan menambah nilai estetika. Jenis kanopi yang ada saat ini tersedia dalam berbagai macam desain unik dan menarik disertai dengan warna yang beragam.

4. Menghemat Listrik

Kanopi rumah umumnya dapat meredam panas matahari pada siang hari serta memberikan cahaya yang cukup untuk masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, rumah menjadi lebih sejuk, dan mengurangi penggunaan kipas angin atau AC yang terlalu memakan listrik berlebihan.

5. Menambah Nilai Properti

Atap kanopi yang terlihat cantik dan berfungsi dengan baik dapat meningkatkan nilai properti dari rumah atau bangunan lainnya. Anda dapat memilih desain yang sesuai dengan gaya arsitektur bangunan ataupun konsep rumah lainnya.

Apabila Juragan sedang melakukan konstruksi bangunan, apalagi proyek konstruksi besar, yuk gunakan produk Juragan Material untuk seluruh keperluan materialnya. Kami menyediakan berbagai macam produk yang Anda butuhkan selama proses konstruksi berlangsung dengan lengkap, mulai dari material bangunan hingga sistem elektrikalnya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

Bagikan: