Diterbitkan Friday, 12 August 2022

Mengenal Istilah Kode Keramik KW 1, 2, 3 di Indonesia

keramik.jpeg

Apa Itu Keramik KW?

Juraganmaterial.id menjual berbagai merk dan tipe keramik yang tersedia di Indonesia, baik keramik lokal maupun keramik import. Di Indonesia sendiri dikenal istilah “KW” untuk menentukan kualitas keramik yang dijual apakah lolos dari Quality Control Check atau tidak. Eits, tapi jangan salah Gan, KW dalam keramik bukan berarti palsu ya.

Istilah keramik KW 1, KW 2, dan KW 3 digunakan oleh produsen keramik berdasarkan kualitasnya. KW 1 untuk keramik yang lulus uji kualitas atau quality control. KW 2 tidak lulus uji dengan sedikit kerusakan, sedangkan KW 3 kerusakannya lebih banyak, dan keramik “iketan” atau tanpa dus, untuk keramik yang kerusakannya bahkan tidak masuk ke standar KW 3.

Anggapan masyarakat bahwa keramik KW 1, KW 2 atau KW 3 adalah produk asli tapi palsu sangat keliru, karena semua keramik dibuat dengan bahan yang sama, hanya saja saat proses pembakaran, terjadi ketidaksempurnaan sehingga ada yang mengalami cacat atau gagal produk. Cacat yang terjadi bisa berbentuk “pin hole” atau seperti bekas jerawat di permukaan keramik, ketidaksesuaian ukuran yang diluar batas toleransi Standar di Indonesia, hingga adanya gompal minor pada bagian permukaan keramik. Untuk itu harga keramik jenis yang sama, keramik KW 2 dapat lebih murah hingga 20% dibandingkan keramik KW 1 bahkan untuk keramik KW 3 bisa mencapai setengah dari harga keramik KW 1.

Baca Juga: 6 Desain Pagar Tembok Rumah Minimalis dan Unik

Jadi, bagaimana untuk mengetahui kondisi keramik yang disebut KW 1, KW 2, dan KW 3? Jika proses produksi berjalan sempurna akan menghasilkan keramik KW 1 yang permukaannya mengkilap merata, nat-nya rapi atau presisi, dan bebas dari noda yang dapat mengganggu tampilan keramik. Jika hasil proses tidak sempurna maka inilah yang sering dikatakan orang sebagai keramik KW 2 atau KW 3. Untuk mengidentifikasi keramik KW 1, 2, dan seterusnya, secara kasat mata tidak dapat dilakukan oleh orang awam.

Perbedaan Keramik KW 1, 2, dan 3

Jadi, bagaimana untuk mengetahui kondisi keramik yang disebut KW 1, KW 2, dan KW 3? Jika proses produksi berjalan sempurna akan menghasilkan keramik KW 1 yang permukaannya mengkilap merata, nat-nya rapi atau presisi, dan bebas dari noda yang dapat mengganggu tampilan keramik. Jika hasil proses tidak sempurna maka inilah yang sering dikatakan orang sebagai keramik KW 2 atau KW 3. Untuk bisa mengidentifikasi keramik KW 1, 2, dan 3, berikut ini adalah perbedaannya.

1. Kode Keramik KW 1

Keramik KW1 memiliki ukuran yang presisi, warna lebih stabil serta seragam. Keramik ini juga memiliki motif rapi dan terstruktur, serta tidak terdapat gompal. Para pedagang dan orang awam biasanya mengidentifikasi produk keramik lantai KW 1 dari kemasan produk. Pada kemasan keramik KW 1 biasa ada tulisan “First Grade”, “Grade 1”, “Grade A”, atau “Export Quality”.

Baca Juga: 11 Jenis Bahan Bangunan Paling Penting Dalam Konstruksi

2. Kode Keramik KW 2

Pada keramik KW 2 kekurangsempurnaan pada hasil produksinya lebih kecil sehingga orang awam akan sedikit sulit untuk melihat dan membedakan dengan yang KW 1.  Hanya orang yang berpengalaman dalam urusan keramik yang bisa tahu seperti tukang pasang keramik yang berpengalaman. Warna keramik KW2 umumnya seragam, terdapat motif yang sedikit kurang rapi, dan juga sedikit gompal meskipun kecil. Pada kemasan keramik KW 2, biasa dapat ditemukan keterangan “KW 2”, “Economy Quality”, “Grade B”, atau “Grade 2”.

3. Kode Keramik KW 3

Keramik KW3 sering kali disebut sebagai kualitas terendah. Kualitas keramik untuk KW 3 sangat jelas terlihat bahkan oleh orang awam sekalipun. Bisa dilihat dari bentuk nat yang tidak presisi atau miring. Pada permukaan keramik juga kadang ditemui retak rambut dan noda hitam seperti KW 2 dengan jumlah yang lebih banyak. Akan tetapi anggapan ini keliru, karena masih ada grade yang lebih rendah dari KW 3 itu sendiri. Keramik KW 3 biasanya di identifikasi dari kemasannya yang tertera keterangan “KW 3” atau menggunakan dus polos tanpa merk.  

keramik

Baca Juga: Tips Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan Bangunan

Setelah membaca artikel ini, kami harap para Juragan dapat lebih memahami tentang standar kualitas keramik di Indonesia. Produk Keramik yang dijual di juraganmaterial.id adalah keramik First Grade / KW 1, dan untuk keramik KW 2 dan KW 3 selalu ada di keterangan bagian nama produk dan deskripsi, sehingga para Juragan selalu membeli dengan produk dan harga yang tepat. Selamat berbelanja!
 

cta_register_march24_1.webp

 

#ApaAjaAda

Bagikan: