Diterbitkan Tuesday, 08 November 2022

4 Model Atap Rumah Minimalis Khas Rumah Cluster

atap rumah minimalis.png

Ketika hendak membangun rumah, Juragan harus memilih model atap rumah minimalis yang sesuai untuk mempercantik tampilan rumah, apalagi jika sedang melakukan pembangunan rumah cluster. Jika model atap rumah yang dipilih tidak sesuai, tampilan seluruh rumah dapat terlihat membosankan dan bahkan tidak enak dilihat.

Selain modelnya, Juragan juga perlu memilih jenis atap rumah minimalis yang digunakan dengan tepat agar tidak mudah bocor. Lantas, apa saja sih jenis dan model atap rumah minimalis yang cocok digunakan pada konstruksi rumah cluster?

Apa Saja Jenis-Jenis Atap Rumah Minimalis Cluster?

Atap rumah yang bocor memang merupakan salah satu masalah konstruksi yang sangat umum ditemui, apalagi di negara yang sering hujan seperti Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis atap rumah minimalis cluster serta cara mencegah agar atapnya tidak mudah bocor.

1. Atap Beton

atap beton.png

Dari semua jenis genting yang ada, genting beton memiliki daya tahan yang paling kuat. Namun, genting beton akan mudah retak jika terkena perubahan cuaca yang panas dan dingin secara mendadak. Apabila genting beton sampai rusak, Anda dapat melapisinya dengan waterproofing agar tidak terjadi bocor.

2. Atap Asbes

atap asbes.png

Asbes merupakan salah satu material atap yang paling banyak digunakan di Indonesia. Atap asbes dikenal tahan terhadap air, mampu tahan dalam cuaca yang sangat panas, serta harganya terjangkau, sangat cocok digunakan pada rumah cluster. Namun, jika sampai atap asbes mengalami bocor, Anda cukup mengganti lembaran yang bocornya saja karena memang atap asbes cukup mudah digonta-ganti.

3. Atap Metal

atap metal.png

Genting metal adalah material atap yang ringan tetapi memiliki ketahanan yang luar biasa dan sangat awet. Atap metal biasanya akan dipasang menggunakan baut, dan baut tersebut lama kelamaan dapat berkarat dan menjadi sumber kebocoran. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengganti baut tersebut saja.

4. Atap Bitumen

atap bitumen.png

Genting bitumen adalah jenis material atap yang kuat serta tidak mudah sobek dan pecah. Tidak hanya itu saja, atap ini tahan terhadap air dan memiliki struktur bergelombang, membuatnya tidak mudah bocor. Namun, jika sampai atap ini bocor, Anda hanya perlu menambalnya menggunakan semen saja karena bahan pembuatannya juga mengandung semen.

5. Atap Genting

atap genting.png

Banyak sekali rumah di Indonesia yang menggunakan atap genting karena harganya yang murah serta ketahanannya yang cukup kuat. Bahan pembuatan dari genting merupakan tanah liat yang ditekan dan dibakar pada suhu yang sangat tinggi. Jika sampai terjadi bocor, Anda hanya perlu mengganti genting yang menyebabkannya.

6. Atap Keramik

atap keramik.png

Hampir mirip dengan genting, tetapi atap keramik memiliki lapisan glazur di bagian luarnya layaknya keramik lantai. Jika dibandingkan dengan genting, atap keramik memiliki harga yang lebih mahal, tetapi dapat memantulkan panas serta lebih tahan terhadap air. Sama seperti atap genting, jika sampai bocor Anda hanya perlu mengganti atap keramik yang menyebabkannya.

Baca Juga: Mengenal Pondasi Cakar Ayam, Teknik Konstruksi Asli Indonesia

Model Atap Rumah Minimalis untuk Membangun Rumah Cluster

Setelah menemukan bahan yang cocok, sekarang Anda perlu memilih model atap rumah minimalis yang cocok untuk membangun rumah cluster. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi atap rumah minimalis yang cantik dan menarik.

1. Atap Rumah Minimalis Perisai

atap perisai.png

Model atap perisai memiliki bentuk segitiga di sisi dan bentuk trapesium di dua sisi yang bertemu pada satu garis, membuatnya terlihat seperti perisai jika dilihat dari atas. Di Indonesia, sudah ada banyak sekali rumah yang menerapkan model atap rumah minimalis perisai karena memang modelnya yang sangat cocok di iklim tropis.

Bentuk perisai dari model atap ini dapat melindungi rumah dari berbagai cuaca yang tidak menentu, baik itu panas yang sangat terik, angin yang kencang, maupun hujan yang sangat deras. Ditambah, bentuknya yang menurun ke bawah akan membantu menumpahkan air hujan dengan lebih baik serta dapat memberikan ruangan yang luas pada loteng.

2. Atap Rumah Minimalis Pelana

atap pelana.png

Sesuai dengan namanya, model atap rumah minimalis pelana memiliki bentuk seperti pelana kuda dengan dua sisi persegi miring yang ditopang dengan dua dinding berbentuk segitiga di bagian ujungnya. Selain dinding, Anda dapat menggunakan material lain sebagai penopangnya, seperti kayu, besi, atau baja ringan, sesuaikan saja dengan model dari rumah tersebut.

Bentuknya yang seperti pelana dapat membantu menumpahkan air hujan, membuat model atap ini tidak mudah bocor. Selain itu, model atap pelana juga dapat membantu menangkal suara hujan yang terkadang sangat berisik, jadi Anda bisa tetap melakukan aktivitas dengan tenang walaupun di luar sedang hujan deras.

3. Atap Rumah Minimalis Datar

atap datar.png

Model atap rumah minimalis datar, seperti namanya, memiliki bentuk yang mendatar saja. Biasanya, model atap rumah ini sering digunakan untuk rumah dengan desain minimalis modern. Walaupun hanya datar, tetapi model atap rumah yang satu ini dapat menambah kesan elegan pada rumah, apalagi jika dilihat dari depan.

Apabila ingin menerapkan model atap rumah datar, pastikan untuk memasang sistem drainase di bagian ujung pinggirnya. Lalu, agar dapat menangkal hujan, model atap rumah datar sebenarnya dibuat dengan sedikit miring agar air hujan dapat mengarah ke bagian ujung pinggir yang tersedia saluran pipa untuk drainase.

4. Atap Rumah Minimalis Sandar

atap sandar.png

Model atap rumah minimalis sandar berbentuk atap tunggal miring yang menempel (bersandar) pada dinding yang lebih tinggi. Model atap sandar lebih dikenal dengan nama skillion. Awalnya, model atap ini biasa digunakan untuk bangunan seperti gudang atau bangunan tidak berpenghuni lainnya. Namun, sekarang sudah ada banyak rumah yang menerapkannya karena bentuknya yang mudah mengalirkan air hujan.

Bagaimana, apakah Juragan sudah menemukan jenis dan model atap rumah minimalis yang cocok untuk rumah cluster? Jika sudah, sekarang saatnya berbelanja material untuk membangunnya. Anda dapat langsung berbelanja saja di Juragan Material karena kami menyediakan berbagai macam material dengan lengkap. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

Baca Juga: Bahan Bangunan Paling Penting Dalam Konstruksi Yang Perlu Kamu Ketahui

Bagikan: