Diterbitkan Tuesday, 06 June 2023

13 Jenis Pintu Rumah yang Cocok dengan Konstruksi Perumahan dan Gedung Modern

jenis pintu rumah.webp

Juragan pasti sudah tahu bahwa dalam menjalankan proyek perumahan atau bangunan, ada banyak hal yang harus dipikirkan selain tempat yang strategis, jumlah tanah yang cukup untuk beberapa rumah, dan desain yang menarik. Pasalnya, beberapa orang mungkin memilih beberapa komponen rumah lainnya, seperti jenis pintu rumah yang digunakan.

Sebagai bagian terluar yang dilihat pertama kali, baik pada bangunan rumah atau konstruksi bangunan yang tinggi sekalipun. Itu sebabnya, Juragan harus memilih jenis pintu yang paling menarik dan cocok dengan desain rumah proyek Anda. Dalam artikel kali ini, Juragan Material akan membantu Anda menemukan inspirasi jenis pintu rumah yang cocok untuk proyek perumahan. Cek informasi selengkapnya di sini. 

Jenis Pintu Rumah yang Cocok dalam Konstruksi Perumahan dan Gedung Modern

Dalam memilih pintu rumah, selain estetika, faktor lain seperti ketahanan, keamanan, dan kenyamanan tentu harus sangat dipertimbangkan agar pemilik rumah nantinya merasa puas. Berikut adalah 13 jenis pintu rumah yang cocok untuk digunakan dalam proyek konstruksi perumahan modern Juragan:

1. Pintu Kayu

Pintu Kayu.webp

Pintu kayu adalah pilihan tradisional untuk rumah-rumah modern yang masih banyak dipilih sebab dapat memberikan kesan hangat dan alami pada rumah. Model pintu ini juga cocok untuk rumah-rumah dengan gaya arsitektur modern klasik.

Kelebihan dari pintu kayu adalah pintu ini dapat dibuat sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Pintu ini juga tahan terhadap cuaca yang berubah-ubah dan sesuai jika digunakan untuk berbagai jenis desain rumah.

Namun, jika dalam konstruksi perumahan Anda menggunakan pintu kayu, pastikan untuk memilih jenis yang tepat agar lebih awet dan tahan lama. Pilihan kayu solid atau kayu lapis dapat meningkatkan ketahanan dan keamanan pintu.

2. Pintu Panel

Pintu Panel.webp

Masih mencari pilihan jenis pintu lainnya yang bisa digunakan pada proyek perumahan klasik modern? Pintu panel yang terbuat dari bahan kayu bisa jadi pilihan. Pintu Panel adalah jenis pintu yang terbuat dari bahan kayu dan memiliki beberapa bagian terpisah yang setiap bagiannya dapat dibuka secara individual.

Pintu panel memiliki harga yang relatif terjangkau, serta desainnya pun dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah.

Pintu Panel memiliki kelebihan lain dalam hal daya tahan dan ketahanannya terhadap cuaca dan lingkungan, sehingga cocok digunakan pada bangunan di daerah yang rawan cuaca ekstrem. Jadi, jenis pintu ini cocok untuk proyek konstruksi rumah dengan tampilan tradisional namun elegan dan model perumahan modern minimalis. 

Baca juga: Jenis Triplek yang Sering Dipakai dalam Dunia Industri

3. Pintu Swing

Pintu Swing.webp

Pintu swing menjadi salah satu jenis pintu yang mungkin akan memudahkan pekerjaan Juragan dan para pekerja instalasi sebab pintu ini sangat simpel. Pada dasarnya, pintu swing adalah pintu yang dibuka dengan cara diputar ke dalam atau ke luar. 

Pintu swing sangat populer dalam model perumahan modern, karena memberikan kesan yang rapi, bersih, dan modern. Pilihan bahan pintu swing dapat meliputi kayu, baja, aluminium, dan lain-lain. 

4. Sliding Door

Sliding Door.webp

Sliding door atau pintu geser adalah jenis pintu yang dirancang untuk bergeser di sepanjang rel di atas atau bawah pintu. Keuntungan dari penggunaan sliding door pada proyek konstruksi perumahan adalah efisiensi ruang yang lebih besar karena tidak membutuhkan tempat yang banyak untuk membuka dan menutupnya. Selain itu, sliding door juga memberikan tampilan yang modern dan elegan pada bangunan, terutama jika digunakan pada area seperti teras atau balkon.

5. Pintu Lipat

Pintu Lipat.webp

Jenis pintu lainnya yang bisa Juragan manfaatkan untuk proyek konstruksi perumahan atau bangunan tinggi lain adalah pintu lipat. Jenis pintu ini bermanfaat untuk menciptakan efisiensi ruang agar tetap terasa besar, sehingga cocok untuk konstruksi bangunan dengan ruang terbatas seperti apartemen atau rumah kecil. Pintu lipat biasanya banyak digunakan dalam ruang tamu atau dapur sebagai sekatnya karena mudah dibuka tutup dan membuat kesan terbuka serta mudah diakses. 

6. Pintu Kaca

Pintu Kaca.webp

Anda mungkin sudah banyak menerima permintaan tentang pintu kaca pada berbagai konstruksi bangunan. Tak heran karena pintu kaca menjadi jenis pintu yang bisa memberikan warna unik pada bangunan dengan kesan yang mewah dan modern. 

Pintu kaca sangat cocok digunakan dalam model perumahan kekinian yang mengutamakan pencahayaan alami dan ruang yang terbuka. Pilihan bahan pintu kaca dapat meliputi tempered glass atau kaca laminasi agar Juragan bisa memastikan kaca dapat bertahan dalam jangka waktu panjang dan aman.

Penggunaan desain pintu kaca tentunya membuat ruangan di dalam rumah terlihat dari luar. Namun, pemilik rumah dapat mengatasinya dengan menggunakan gorden untuk menutupi ruangan. Dalam hal ini, penggunaan desain gorden yang menarik tentunya akan menambah nilai estetika pada rumah.

Baca juga: Bahan-Bahan Material Bangunan Paling Penting dalam Konstruksi

7. Pintu Baja

Pintu Baja.webp

Pintu baja sangat cocok untuk digunakan dalam model perumahan modern yang mengutamakan keamanan yang tinggi, dan sangat cocok jika dimanfaatkan sebagai pintu garasi. Untuk membuat rumah tetap menarik, Juragan cukup memilih pintu baja dengan bentuk unik atau gunakan cat untuk menyesuaikan warna pintu dan bangunan.

Kelebihan lain dari pintu baja adalah ketahanannya yang tinggi terhadap api, cuaca, serta rayap. Namun, seiring berjalannya waktu, pintu baja dapat berkarat. Sehingga, disarankan untuk menggunakan cat anti karat pada pintu baja.

8. Pintu uPVC

Pintu uPVC.webp

Pintu uPVC adalah pilihan yang ramah lingkungan dan tahan lama untuk pintu rumah. Pintu uPVC adalah jenis pintu yang terbuat dari bahan dasar Unplasticized Polyvinyl Chloride (uPVC) yang membuatnya tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrem dan anti karat. 

Jenis pintu yang satu ini juga memiliki kelebihan dalam hal ketahanan terhadap kerusakan, cara perawatan yang cenderung lebih mudah, serta tidak mudah mengalami deformasi akibat kelembapan. Juragan bisa memanfaatkan pintu ini pada berbagai desain rumah sebab biasanya uPVC tersedia dalam berbagai ukuran dan motif.

Namun, sebagai kontraktor, Anda perlu mempertimbangkan beberapa kelemahan dari pintu uPVC. Salah satunya adalah kekuatan Pintu uPVC yang kurang jika dibandingkan dengan jenis pintu lain seperti pintu baja atau pintu kayu. 

9. Pintu Fiberglass

Pintu Fiberglass.webp

Dibandingkan dengan bahan pintu lainnya, pintu fiberglass memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan tahan terhadap segala kondisi cuaca, bahkan yang ekstrem sekalipun, seperti sinar matahari yang terik atau udara lembap. 

Selain itu, pintu fiberglass memiliki tingkat isolasi yang lebih baik dibandingkan dengan jenis pintu lain, sehingga membantu mengurangi biaya energi yang harus dikeluarkan untuk mengatur suhu dalam rumah. 

Baca juga: Jenis Struktur Bangunan yang Efektif untuk Gedung Tinggi

10. Pintu Aluminium

Pintu Aluminium.webp

Sebagai kontraktor, Anda mungkin sering menggunakan pintu aluminium pada proyek konstruksi perumahan modern. Bukan hal yang baru sebab pintu aluminium memang terbuat dari bahan yang ringan dan tahan karat, sehingga sangat tahan lama dan tidak memerlukan banyak perawatan. Selain itu, pintu aluminium juga mudah untuk dibersihkan dibandingkan dengan jenis pintu lain.

Keuntungan lain dari pintu aluminium adalah kemampuannya dalam mengurangi suara dan hawa dingin dari luar, sehingga membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Selain itu, pintu aluminium juga memiliki berbagai desain dan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik rumah. 

11. Pintu Pelat Besi

Pintu Pelat Besi.webp

Jenis pintu ini biasanya digunakan untuk proyek konstruksi perumahan yang memerlukan keamanan ekstra sehingga perlu dipasang pada bagian-bagian baik di luar maupun di dalam rumah seperti di pintu garasi, pintu utama, atau pintu penyekat antar-ruangan. Bagi juragan yang sedang dalam konstruksi bangunan industri, jenis pintu pelat besi ini juga bisa dimanfaatkan sebab bahan pelat besi yang digunakan mampu menahan api dan benturan. 

12. Pintu HPL

Pintu HPL.webp

Pintu HPL atau high pressure laminate terbuat dari lapisan tekanan tinggi pada bahan kayu atau bahan komposit. Pintu HPL biasanya terdiri dari dua atau tiga lapisan bahan, yaitu kertas impregnasi, resin fenolik, dan kertas dekoratif. 

Lapisan kertas impregnasi berfungsi sebagai pelindung dari pengaruh cuaca, dan resin fenolik bertanggung jawab untuk memberikan kekuatan dan ketahanan terhadap tekanan. Sedangkan, lapisan kertas dekoratif memberikan tampilan visual yang menarik.

13. Pintu PVC

Pintu PVC.webp

PVC merupakan material yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam benda seperti pipa air, jendela, hingga pintu karena tahan lama, ringan, dan mudah diproduksi. Pintu PVC biasanya digunakan pada proyek konstruksi perumahan modern sebab tahan cuaca, tahan terhadap serangan rayap, dan mudah dalam perawatan. 

Hal lain yang tentu sangat menguntungkan bagi Juragan adalah proses pemasangan mudah dan membutuhkan waktu yang lebih sedikit.

Saat menciptakan sebuah bangunan yang harus memenuhi harapan klien, tentu tidak mudah bagi Juragan untuk menentukan warna, material bangunan, atau bahkan jenis pintu rumah yang cocok agar hasilnya tidak mengecewakan. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba satu atau lebih jenis pintu di atas sebagai komponen yang bisa menyempurnakan tampilan proyek bangunan Anda. 

Jika juragan tertarik menggunakan jenis pintu rumah tertentu seperti pintu uPVCpintu bajapintu PVC, atau pintu aluminium, Anda bisa mendapatkannya di Juragan Material. Selain bisa membantu Anda berbelanja dengan mudah, Juragan Material juga menjadi toko material yang lengkap dan nyaman. 

Bagikan: