Diterbitkan Wednesday, 26 April 2023

Kegunaan Besi Siku untuk Konstruksi yang Lebih Kokoh

kegunaan besi siku

Besi siku adalah salah satu material bangunan yang paling umum digunakan dalam pembangunan rumah, gedung, hotel, dan infrastruktur lainnya. Bahan ini tersedia dalam berbagai dimensi dan jenis yang berbeda, dan memiliki banyak kegunaan yang beragam. Besi siku digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi karena memiliki kekuatan dan stabilitas yang baik. 

Namun, sebelum menggunakannya, Juragan tentu perlu mengenal terlebih dahulu apa saja jenis dan kelebihan besi yang satu ini. Dalam artikel kali ini, Juragan Material akan membantu Anda mengenal lebih dalam tentang besi siku. Simak informasinya di bawah ini.
 

Apa Itu Besi Siku?

apa itu besi siku.webp

Besi siku adalah bahan konstruksi yang terdiri dari dua lengan yang membentuk sudut 90°. Bahan ini biasanya terbuat dari baja atau besi cor dan tersedia dalam berbagai ukuran serta ketebalan. Bentuk sudut 90° pada besi siku inilah yang membuatnya menjadi material dengan kekuatan yang sangat kokoh serta stabil dan kerap digunakan sebagai bahan konstruksi.

Besi siku dapat dimanfaatkan sebagai pengganti kayu atau beton pada struktur bangunan karena memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca dan dikenal sebagai material yang awet. Bahkan, besi siku juga dirancang dengan bahan yang tak mudah berkarat sehingga jauh lebih mudah untuk dirawat. 

Apa Saja Jenis-Jenis Besi Siku?

jenis besi siku.webp

Ada beberapa jenis besi siku yang tersedia di pasaran dan bisa Juragan andalkan saat melakukan konstruksi sebuah bangunan. Masing-masing jenisnya memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Agar tak salah memilih, berikut adalah beberapa ulasan lengkap tentang jenis besi siku yang paling umum:

1. Besi Siku Berlubang

Besi siku berlubang adalah jenis besi siku yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Lubang-lubang tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengurangi beban yang diterima dan menambah kekuatan besi siku. 

Dalam industri konstruksi, besi siku berlubang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat rangka struktur bangunan seperti dinding partisi, atap, plafon, dan lain sebagainya. Selain itu, jenis besi siku ini biasanya juga digunakan pada konstruksi yang membutuhkan sirkulasi udara, misalnya pada pembuatan saluran udara dan saluran ventilasi.

2. Besi Siku Sama Sisi

Besi siku sama sisi memiliki dua lengan yang sama panjang dan biasanya digunakan untuk struktur konstruksi yang simetris seperti pada pembuatan rak atau meja. Bentuk besi siku ini menyerupai huruf L yang memiliki dua sisi sama panjang dan membentuk sudut 90 derajat. 

Keunggulan dari besi siku sama sisi adalah memiliki kekuatan yang mumpuni sebab bentuk L tersebut membuat besi siku mampu menahan beban yang cukup besar dan tidak mudah bengkok atau patah. Jenis besi siku yang satu ini biasanya terbuat dari bahan baja karbon atau baja tahan karat dengan berbagai ukuran yang berbeda, mulai dari 20mm hingga 200mm. 

3. Besi Siku Tidak Sama Sisi

Besi siku tidak sama sisi atau sering juga disebut dengan besi siku asimetris, adalah jenis besi siku yang memiliki dimensi yang berbeda pada setiap sisinya. Bentuk besi siku ini juga menyerupai huruf L, namun salah satu sisinya lebih panjang daripada sisinya yang lain. Besi siku tidak sama sisi biasanya terbuat dari bahan baja karbon atau baja yang tahan karat dengan berbagai ukuran mulai dari 30 mm x 20 mm hingga 100 mm x 50 mm.

Baca juga: Kenali Apa Itu Baja Ringan, Jenis, dan Keunggulannya

Apa Saja Kegunaan Besi Siku untuk Bahan Bangunan?

kegunaan besi siku.webp

Besi siku memiliki banyak kegunaan dalam konstruksi bangunan, dan sering digunakan sebagai bahan struktural pada berbagai jenis bangunan. Berikut adalah beberapa kegunaan besi siku untuk bahan bangunan:

1. Rangka Pintu dan Jendela

Besi siku menjadi material konstruksi yang sering digunakan sebagai bahan untuk rangka pintu dan jendela karena kokoh dan mampu menahan beban yang besar sekalipun. Bentuk sudut 90° pada besi siku memudahkan Juragan untuk memotong dan menyesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan.

2. Dekorasi Rumah

Besi siku juga sering digunakan sebagai elemen dekoratif dalam rumah seperti yang banyak ditemukan pada pembuatan rak buku, tempat tangki air, bahkan railing balkon. Pasalnya, besi siku tidak hanya kokoh saja, tetapi juga memiliki nilai estetika yang menarik dan cocok untuk membuat tampak lebih menarik. Jadi, penggunaan besi siku untuk proyek pembangunan rumah baik rumah tinggal atau kantor adalah pilihan yang menarik.

3. Konstruksi Tangga

Besi siku biasanya digunakan sebagai bahan untuk konstruksi tangga agar kuat dan membantu tangga memiliki kekuatan yang prima, mengingat tangga merupakan bagian bangunan yang harus ada sebab berfungsi untuk menghubungkan 2 lantai. 

Jenis besi siku yang digunakan pada konstruksi tangga biasanya adalah besi siku tidak sama sisi karena panjang lengannya yang berbeda memungkinkan pembuatan tangga yang stabil dan aman.

4. Rangka Pagar

Besi siku juga sering digunakan sebagai bahan untuk rangka pagar sebab memiliki kekuatan yang mumpuni dan kemampuannya untuk menahan beban. Material besi siku yang tampak menarik dan kuat menjadi alasan utama mengapa material ini menjadi bahan yang banyak digunakan sebagai rangka pagar. Apalagi, pagar dengan besi siku sangat cocok digunakan pada desain rumah, kantor, toko, atau jenis bangunan lain yang minimalis namun tetap elegan.

Baca juga: 4 Jenis Struktur Bangunan yang Efektif untuk Gedung Tinggi

Apa Saja Kelebihan Besi Siku?

Tak hanya karena kuat saja, ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh besi siku sehingga membuatnya menjadi material yang sangat populer dalam industri konstruksi. Sebaiknya, kenali apa saja kelebihan besi siku melalui ulasan lengkap di bawah ini:

1. Tersedia dalam Banyak Dimensi

Perlu Juragan ketahui bahwa besi siku tersedia dalam berbagai dimensi dan ketebalan mulai dari yang kecil hingga besar. Hal ini tentu membolehkan Anda lebih mudah untuk pembuatan struktur bangunan yang sebab ukuran, ketebalan, dan jenisnya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan. Jadi, Anda dapat lebih fleksibel dalam pemilihan ukuran besi siku yang cocok untuk proyek tertentu.

2. Ringan dan Kuat

Besi siku memiliki kekuatan yang tinggi namun tetap ringan dan mudah untuk dipindahkan, sehingga memudahkan dalam proses konstruksi. Selain itu, besi siku juga memiliki daya tahan yang baik terhadap beban dan tekanan sehingga sangat cocok untuk digunakan pada struktur proyek bangunan yang memerlukan kekuatan dan stabilitas yang tinggi.

3. Mudah untuk Dibentuk

Selain itu, besi siku juga menjadi salah satu jenis besi yang mudah untuk dibentuk dan dipotong sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Jadi, Anda akan lebih mudah untuk membuat struktur bangunan yang kompleks. Selain itu, besi siku juga mudah untuk dilas atau diikat sehingga penggabungan antara besi siku dengan bahan lainnya pun juga menjadi lebih mudah.

4. Serbaguna

Besi siku memiliki banyak kegunaan yang beragam dalam pembangunan bangunan dan dapat digunakan sebagai bahan struktural maupun elemen dekoratif. Hal ini membuatnya menjadi bahan yang serbaguna dan fleksibel. 

Ditambah lagi besi siku juga menjadi bahan yang sangat populer di kalangan arsitek dan kontraktor bangunan karena dapat digunakan untuk berbagai macam proyek konstruksi dan memberikan hasil yang kuat dan estetis.

Dalam konstruksi bangunan, besi siku menjadi material yang sangat penting. Berbagai jenis besi siku yang tersedia di pasaran memungkinkan para kontraktor untuk memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan proyek. 

Jika Juragan sedang membangun sebuah proyek besar dan membutuhkan besi siku dalam jumlah banyak, dapatkan segala kebutuhan di Juragan Material. Tak hanya hadir dengan platform yang memudahkan Anda untuk berbelanja besi siku, Juragan Material juga menyediakan material bangunan yang lengkap. 

Tunggu apalagi? Segera kunjungi Juragan Material dan ciptakan bangunan yang kokoh dan kuat sekarang juga!

 

Bagikan: