Diterbitkan Thursday, 23 February 2023

5 Bahan Material Bangunan Pokok untuk Apartemen

bahan material bangunan.webp

Berencana membangun apartemen untuk investasi masa depan? Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan dan material yang dibutuhkan dalam membangun apartemen. Namun, Juragan perlu mengetahui bahwa bahan material bangunan untuk apartemen tidak sama seperti material untuk membangun rumah.

Apartemen merupakan bangunan model bertingkat sehingga Juragan harus teliti dalam mendapatkan materialnya. Kesalahan dalam memilih material akan membuat apartemen yang dibangun tidak tahan lama dan tentu saja dapat membahayakan penghuninya. Tidak hanya itu, material bangunan yang tepat juga akan memengaruhi kekuatan fondasi apartemen Anda.

Lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai material yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk bangunan. Ada dua kategori bahan material bangunan, yaitu bahan material alami dan bahan material buatan pabrik. Apa saja material yang tergolong dalam dua jenis tersebut? Langsung simak saja artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Material Alami untuk Bangunan Pokok?

jenis jenis bahan material alami.webp

Bahan material alami merupakan bahan bangunan yang diperoleh dari alam seperti batu, kayu, tanah liat, rumbia, bambu, dan anyaman rotan. Setiap material tentu memiliki fungsi dan kegunaannya tersendiri. Lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Batu Kali

Batu kali termasuk jenis batu yang paling populer digunakan dalam konstruksi bangunan.. Batu kali berasal dari sungai atau gunung dan berfungsi untuk membuat fondasi bangunan.

2. Kayu

Kayu biasanya digunakan sebagai dinding, lantai, atap, dan bahan pembuatan mebel. Namun, penggunaan kayu sebagai lantai dan dinding lazim ditemukan pada bangunan yang berada di area dengan curah hujan tinggi. Jenis kayu yang baik digunakan untuk konstruksi yaitu memiliki permukaan kering merata.

3. Tanah Liat

Tanah liat dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan genteng, lantai, dan dinding. Anda perlu memilih tanah liat yang berasal dari kualitas tanah yang baik agar bangunannya tetap kokoh.

4. Pasir

Material ini sering digunakan sebagai campuran semen untuk membuat beton. Ada pun ciri pasir yang baik adalah memiliki kandungan lumpur yang sedikit sehingga semen dan pasir memiliki ikatan yang sempurna.

5. Kerikil

Selain pasir, kerikil juga digunakan dalam pembuatan beton untuk fondasi. Kerikil yang digunakan haruslah berasal dari pecahan batu besar dan berukuran sedikit beras sehingga bisa menopang bangunan.

6. Bambu

Bambu adalah bahan material alami yang ringan, kuat, dan tahan lama. Material ini dianggap sebagai bahan bangunan tambahan dan digunakan untuk membuat tiang penyangga atau dudukan dalam konstruksi dinding.

7. Gamping

Salah satu jenis batu alam ini sering digunakan sebagai alternatif semen untuk pembuatan beton. Gamping tergolong dalam batuan sedimen sehingga lebih keras dan unggul digunakan sebagai bahan material bangunan dibandingkan batuan lainnya.

Baca Juga: 11 Jenis Bahan Bangunan Paling Penting Dalam Konstruksi

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Material Pabrik untuk Bangunan Pokok?

jenis jenis bahan material pabrik.webp

Ada pula material buatan pabrik yang dihasilkan melalui proses pengolahan bahan bangunan. Apa saja contohnya?

1. Besi Beton

Besi beton digunakan sebagai material pembuatan struktur bangunan seperti kolom, balok, dan dinding. Anda perlu memilih besi beton sesuai standar SNI karena sudah teruji ketahanannya dalam jangka waktu panjang/

2. Semen

Semen merupakan bahan material yang digunakan sebagai penyusun utama dalam pembuatan beton bersamaan dengan pasir dan kerikil. Semen digunakan untuk membuat fondasi, dinding, lantai, dan plafon.

3. Atap Genteng

Atap genteng terbuat dari keramik atau tanah liat dan menggunakan tekanan yang cukup tinggi sehingga terlihat lebih keras dan kuat. Material ini tidak hanya digunakan sebagai penutup atap bangunan, tetapi juga menjaga suhu bagian dalam ruangan agar tetap sejuk pada siang hari.

4. Keramik

Keramik tidak lepas dari bahan pembuatan lantai dan dinding. Material ini berasal dari tanah liat yang dibakar. Keramik tersedia dalam berbagai warna, ukuran, dan desain sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai konsep desain bangunan yang diinginkan.

5. Kaca

Bahan material pabrik ini digunakan untuk membuat jendela, pintu, dan dinding. Ada berbagai jenis kaca, yaitu kaca bening, kaca cermin, atau kaca jendela. Namun, kaca jendela sangat dibutuhkan karena bisa memberikan cahaya alami dan pemandangan yang indah.

6. Batu Bata

Batu bata merupakan material buatan pabrik karena dibuat dari tanah liat yang dibakar hingga berwarna kemerahan. Ada pun fungsinya banyak digunakan untuk membuat dinding pada bangunan.

7. Pipa

Pipa terdiri dari berbagai jenis berdasarkan material pembuatannya, yaitu pipa logam dan pipa PVC. Material ini sangat krusial karena bermanfaat sebagai saluran pembuangan air dari kamar mandi atau dapur bangunan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl untuk Kantor

Apa Saja Bahan Material Bangunan Pokok untuk Apartemen?

bahan material bangunan pokok untuk apartemen.webp

Di antara semua material alami dan pabrik yang telah disebutkan di atas, ada lima material pokok yang diperlukan dalam pembangunan apartemen. Apa saja?

1. Pasir

Pasir tidak hanya digunakan sebagai campuran beton, tetapi juga bermanfaat untuk membuat mortar dan plester dinding. Penting sekali untuk menyurvei harga pasir yang sesuai agar Anda tidak kekurangan material ini, apalagi untuk membangun apartemen berukuran besar.

2. Batu Bata

Kendati mulai ditinggalkan pada masa kini, batu bata tetap unggul karena kekuatan dan sifat tahan lamanya. Anda pun bisa memanfaatkan batu bata untuk menghadirkan kesan industrialis pada interior apartemen.

3. Semen

Selain digunakan sebagai campuran beton, semen berguna untuk merekatkan batu bata sehingga menjadi dinding yang kokoh.

4. Metal

Bahan metal seperti besi, baja, titanium, dan sebagainya sangat krusial dalam konstruksi apartemen. Besi beton dan baja sering digunakan untuk membuat kerangka bangunan karena fleksibel meskipun memiliki struktur yang kuat.

5. Pipa

Pipa juga sangat penting dalam pembangunan apartemen. Material ini bisa menjaga sanitasi air apartemen dengan cara dibuat menjadi saluran pembuangan kotoran dan saluran air. Lebih baik Anda memilih pipa PVC karena materialnya tahan terhadap suhu apa pun.

Baca Juga: Memilih Bahan Bangunan Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Kini, Anda bisa mendapatkan semua bahan material bangunan untuk apartemen dengan mudah secara online di Juragan Material. Berbelanja material alami pun menjadi lebih praktis karena Anda tidak perlu berkeliling dari satu toko bangunan ke toko bangunan lainnya untuk membandingkan harga. Kualitas material bangunan yang disediakan pun sudah unggul sehingga bisa menjamin ketahanan apartemen yang sedang Anda bangun. Tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang melalui WhatsApp dan dapatkan material bangunan terbaik hanya dari Juragan Material!

Bagikan: