Diterbitkan Wednesday, 25 January 2023

Batako: Kelebihan, Kekurangan, dan Jenis-Jenisnya untuk Konstruksi Bangunan Tinggi

batako adalah.webp

Batako adalah salah satu material yang paling sering digunakan untuk konstruksi bangunan, terutama untuk membuat dinding. Di dalam sebuah bangunan, dinding memang merupakan elemen yang sangat penting, baik sebagai fungsi struktural maupun yang non-struktural. Dengan menggunakan batako, Juragan bisa mendapatkan dinding yang lebih kokoh dan kuat dibandingkan material lainnya.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar batako secara lebih mendalam, mulai dari pengertian, ukuran batako hingga kelebihan dan kekurangannya. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Batako?

Batako adalah batu bata yang terbuat dari beton cor, seperti terbuat dari campuran semen dan agregat (pasir dan kerikil halus). Berkat campuran tersebut, biasanya batako akan memiliki kepadatan yang tinggi dan lebih kuat serta kokoh daripada batu bata biasa. Selain itu, batako memiliki warna keabu-abuan, yang mana berbeda dari batu bata yang umumnya berwarna kemerahan.

Batako merupakan salah satu dari beberapa material pracetak yang digunakan dalam konstruksi, terutama untuk pembuatan dinding. Sebagian besar batako biasanya memiliki satu atau lebih rongga-rongga, dan bagian sisinya dapat dicor dengan halus maupun menggunakan desain khusus. Dalam penggunaannya, batako ditumpuk satu per satu dan disatukan dengan mortar beton.

Sebelum memutuskan untuk membeli batako, ada baiknya Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan batako yang akan dibahas berikut ini.

Apa Saja Kelebihan Memakai Batako dalam Sebuah Bangunan?

kelebihan memakai batako.webp

Bukan tanpa alasan batako sering sekali digunakan di dalam berbagai konstruksi bangunan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan memakai batako dalam sebuah bangunan.

1. Sangat Tahan Lama

Dinding yang terbuat dari batako jauh lebih kuat dibandingkan dengan yang dibangun dengan batu bata merah. Lubang di dalam batako dapat diisi dengan bahan penguat untuk meningkatkan kekakuannya. Dinding yang terbuat dari batako juga dapat menahan angin kencang sehingga ideal untuk yang tinggal di daerah rawan angin topan dan tornado.

2. Tahan Api

Bahan yang digunakan untuk membuat batako tidak mudah terbakar sehingga bangunan yang dibuat menggunakannya dapat tahan terhadap api. Selain itu, batako juga dapat menahan suhu panas atau dingin yang ekstrem, tidak seperti dinding yang terbuat dari batu bata biasa atau bahkan kayu, yang dapat dengan mudah terbakar.

3. Hampir Kedap Suara

Dinding yang terbuat dari batako dapat memblokir sebagian besar suara jika dibangun dengan benar. Pastikan saja pintu dan jendela di ruangan tersebut juga yang terisolasi dengan baik. Hal ini akan sangat berguna jika Anda tinggal di lingkungan yang berisik, seperti di dekat landasan udara atau di pinggir jalan raya.

4. Tahan terhadap Serangga dan Hama

Hama dan serangga tidak dapat menghancurkan batako karena mereka tidak dapat memakannya. Material bangunan lain yang lebih lunak mungkin memang tidak dapat dimakan juga, tetapi terkadang material tersebut masih dapat menjadi jalan bagi serangga. Batako memiliki massa dan kekerasan yang lebih tebal sehingga menyulitkan serangga dan hama untuk menembusnya.

Baca Juga: 8 Jenis-Jenis Semen yang Biasa Digunakan Jasa Konstruksi

Apa Saja Kekurangan Memakai Batako dalam Sebuah Bangunan?

kekurangan memakai batako.webp

Batako merupakan salah satu material yang paling sering digunakan dalam konstruksi. Namun, batako juga memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan memakai batako dalam sebuah bangunan.

1. Rawan Kerusakan Air

Kerusakan air adalah masalah umum untuk dinding yang dibangun menggunakan batako, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan level air yang tinggi. Penting bagi rumah Anda untuk memiliki sistem drainase yang memadai dan menambahkan cat kedap air untuk membantu mencegah potensi terjadinya kerusakan karena air pada dinding batako.

2. Sulit untuk Diperbaiki

Dinding yang terbuat dari batako memang akan lebih tahan lama dan kuat. Namun, hal tersebut akan sangat merepotkan ketika Anda harus memotongnya atau melubanginya untuk keperluan tertentu. Selain itu, jika sampai terjadi kerusakan, Anda juga akan kesulitan untuk membongkarnya.

3. Lebih Mahal

Batako adalah bahan bangunan yang mahal dibandingkan dengan batu bata biasa. Terlepas dari biayanya, Anda juga memerlukan kemampuan khusus untuk membangun dinding menggunakan material ini. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk menggunakan batako ketika hendak membangun sesuatu jika tidak terbiasa menggunakannya.

Baca Juga: 8 Desain Pagar Tembok Rumah Minimalis dan Unik

Apa Saja Jenis-Jenis Batako untuk Bangunan?

Ketika hendak membeli batako di pasaran, Anda akan menemukan beberapa jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis batako untuk bangunan berdasarkan bahan baku pembuatannya.

1. Batako Trass

batako trass.webp

Batako putih atau batako trass adalah jenis batako yang terbuat dari batu cetak kapur trass atau batako kapur dan air. Trass sendiri merupakan jenis tanah yang memiliki warna putih yang berasal dari lapukan dari batu-batu di gunung berapi. Cara pembuatan batako trass kurang lebih mirip dengan batu bata biasa, yaitu dengan dicetak dan dibakar hingga mengeras.

2. Batako Semen

batako semen.webp

Seperti namanya, batako semen adalah jenis batako yang terbuat dari campuran semen dan pasir, kerikil halus, serta air. Campuran batako yang sudah jadi akan dimasukkan ke dalam cetakan, lalu ditekan hingga tercetak. Oleh karena itu, batako semen juga terkadang disebut sebagai batako press.

3. Batako Beton

batako beton.webp

Batako beton adalah jenis batako yang terbuat dari campuran beton dan air. Biasanya, campuran beton yang digunakan terbuat dari semen (Portland IPC) atau sejenisnya, dengan agregat atau tanpa agregat. Pembuatan batako beton dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu manual (menggunakan tangan dan alat cetak) serta dengan menggunakan mesin.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Dinding Lembab dengan Mudah

Dapatkan Batako Berkualitas dari Juragan Material!

Apabila Juragan sedang mencari batako untuk keperluan konstruksi bangunan, terutama untuk konstruksi besar seperti perumahan atau gedung pencakar langit, langsung saja berbelanja di Juragan Material. Selain batako, kami juga menyediakan berbagai macam material konstruksi lainnya dengan lengkap dan mutu kualitas yang terjamin. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

Bagikan: