Diterbitkan Wednesday, 15 March 2023

Perbedaan Granit Asli dan KW, untuk Bangunan Tema Industrial

perbedaan granit asli dan kw.webp

Barangkali Juragan masih bingung apa cara melihat perbedaan granit asli dan kw (kualitas wahid). Sederhananya granit asli adalah batu granit yang ditemukan secara alami di bawah tanah yang kemudian diproses menjadi bahan bangunan, sementara granit KW adalah batu granit yang dibuat secara mekanis oleh pabrik dengan menggabungkan bahan-bahan sintetis.

Untuk melihat sejauh mana kecocokan antara lanta granit dengan nuansa industrial yang Anda inginkan, terutama pada bangunan komersil seperti hotel atau kantor, simak artikel dari Juragan Material yang satu ini!

Apa Itu Granit KW?

Granit KW atau granit tile merupakan sebuah bahan pengisi atau finishing dalam pembangunan yang terbuat dari batuan granit. Granit sendiri adalah salah satu jenis batuan beku yang terdiri dari mineral seperti feldspar, kuarsa, mika, dan hornblende. Kombinasi mineral ini membuat granit memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik sehingga cocok digunakan sebagai bahan pengisi atau finishing dalam pembangunan.

Keramik granit memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ubin bahan pengisi atau finishing lainnya. Kelebihan tersebut antara lain ketahanan terhadap air, rayap, hingga cuaca ekstrem. Selain itu, keramik granit juga memiliki tampilan yang elegan dan mewah sehingga sering digunakan dalam pembangunan bangunan komersial seperti hotel atau kantor. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Keramik lantai

Apa Saja Kelebihan Lantai Keramik Granit untuk Bangunan?

Kelebihan Lantai Granit Tile

Pemilihan keramik granit tentu dipertimbangkan dengan melihat kelebihannya yang tidak bisa Anda dapatkan dengan penggunaan material lainnya. Berikut adalah sederet kelebihannya ketika diaplikasikan pada bangunan industrial seperti hotel atau gedung perkantoran.

1. Tingkat Keawetan dan Daya Tahan yang Terjamin

Keramik granit memiliki tingkat keawetan dan daya tahan yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis keramik lainnya. Hal ini dikarenakan keramik granit berasal dari batuan granit yang memiliki kombinasi mineral di dalamnya.

Itu sebabnya keramik granit dikenal cukup kuat dan tahan dalam berbagai macam kondisi suhu dan cuaca. Pada bangunan seperti hotel atau mall, ini tentu sangat penting mengingat lalu lintas manusia yang tidak sedikit.

Selain itu, keramik granit memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap air sehingga dapat mencegah air meresap masuk ke dalam lapisan lantai. Air yang meresap ke dalam lapisan lantai ini dapat menyebabkan keramik menjadi menggelembung dan pecah. Keramik granit juga dikenal memiliki tingkat kekuatan yang lebih sehingga dapat tahan terhadap beban berat.

2. Memberikan Tampilan yang Estetik

Selanjutnya, hal yang menjadi kelebihan dari keramik granit adalah memiliki tampilan estetik yang mengagumkan karena permukaannya yang halus dan berkilau. Granit adalah batuan beku yang dibentuk secara alami dan memiliki warna dan motif yang unik. Keunikan ini membuat setiap blok granit menjadi terlihat menarik dan indah.

Granit juga dapat dibentuk dan diolah dengan berbagai ukuran dan bentuk, sehingga memungkinkan Anda mendapatkan tampilan lantai yang sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, keramik granit ini dapat menghasilkan nuansa estetik yang sangat indah dan membuat bangunan terlihat lebih elegan dan mewah.

3. Mudah untuk Dibersihkan

Terakhir, keramik granit memiliki permukaan yang halus dan tidak memiliki pori atau celah yang dapat menampung kotoran, sehingga mudah untuk dibersihkan. Material ini juga tidak mudah menyerap air, sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan bakteri dan jamur pada lantai. 

Tidak hanya itu, keramik granit juga tidak mudah tergores atau terkelupas, sehingga keramik granit akan tetap terlihat bersih dan berkilau untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, penggunaan keramik granit dapat memudahkan Anda membersihkan dan perawatan pada bangunan Anda.

Baca juga: Mengenal Istilah Kode Keramik KW 1, 2, 3 di Indonesia

Apa Saja Inspirasi Penggunaan Keramik Granit untuk Bangunan Industrial?

insiprasi keramik granit.webp

Inspirasi yang didapatkan untuk menerapkan penggunaan lantai granit pada bangunan dengan tema industrial seperti kamar hotel bisa datang dari berbagai sisi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Menampilkan Kesan Muda

Tema industrial mungkin saat ini masih sering dikaitkan dengan “anak muda.” Salah satu tipe desain yang digemari adalah nuansa semen ekspos. Kamar hotel yang seolah-olah terbuat dari semen tanpa lapisan apapun menawarkan kesan yang berbeda. 

Hal ini tentu bisa Anda dapatkan dengan penggunaan lantai granit. Ada beberapa model serta warna yang bisa menyerupai permukaan semen. Anda masih bisa menawarkan sensasi tersebut tanpa mengorbankan kenyamanan.

2. Bermain dengan Pola Granit

Lantai granit tidak hanya terdiri dari satu jenis pola saja. Ada berbagai macam pola yang bisa Anda pilih untuk melengkapi ruangan dengan nuansa industrial. Gabungan warna beige dan tema industrial juga patut dicoba. Pilihan warna gelap dengan motif unik juga tersedia sebagai pilihan Anda.

3. Padukan dengan Interior Modern

Lantai granit juga sangat cocok dengan beragam interior modern. Desain interior modern saat ini lebih condong pada nuansa minimalis. Membuatnya bisa berpadu sangat baik dengan tampilan ruangan khas industrial. Unfinished look yang Anda ingin tampilan bisa semakin kuat dengan pilihan interior modern. Hal ini bisa Anda terapkan pada perkantoran atau cafe.

4. Mix and Match dengan Elemen Kayu

Lantai granit dengan tema industrial bisa juga Anda gabungkan dengan elemen kayu. Tidak hanya memberikan tampilan yang menarik, namun ada sentuhan nuansa alam yang bisa bercampur dengan baik memanjakan mata dari siapapun yang melihatnya. Penerapan ini bisa Anda gunakan pada interior kantor untuk mendapatkan tampilan yang modern. Hal serupa juga bisa Anda jadikan ide pada kamar hotel.

5.  Elegan dan Berkilau

Tema industrial tidak harus selalu fokus mendapatkan tampilan ala “unfinished look.” Memadukannya dengan lantai granit yang berkilau juga tidak kalah menarik. Nuansa elegan yang dihadirkan juga dapat dikombinasikan dengan tema industrial yang modern. Ini bisa menjadi pilihan desain lobby ataupun kamar hotel yang out of the Box.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Bangunan

Apa Perbedaan Granit Asli dan KW?

Perbedaan Granit Tile dan Granit Alam.webp

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa granit asli atau granit alam dan kw (kualitas wahid) sebenarnya adalah dua jenis granit yang berbeda. Granit asli adalah batu granit yang langsung diekstrak dari alam dan diproses menjadi bahan bangunan, sementara granit KW adalah batu granit yang dibuat secara buatan oleh pabrik dengan menggabungkan bahan-bahan sintetis.

Kemudian Anda perlu mengetahui bahwa granit KW memiliki level kualitas yang dikelompokkan menjadi kw 1, kw 2, dan kw 3. Perbedaan level tersebut tentu saja akan menentukan harga granit.

Untuk melihat lebih jauh perbedaan keduanya, berikut adalah indikator yang perlu Anda ketahui sebelum membeli batuan granit.

1. Sumber Bahan 

Granit kw dan granit asli berbeda dalam hal sumber bahan. Granit kw dibuat dari bahan granit yang diproses secara mekanis dan dibuat dalam bentuk keramik. Sementara granit asli atau granit alam adalah granit yang diambil langsung dari alam dan memiliki bentuk yang unik dan tidak seragam. 

2. Ukuran dan Bentuk

Granit kw memiliki ukuran dan bentuk yang standar dan seragam, seperti persegi panjang atau persegi. Ukuran dan bentuk granit ini dapat dibuat sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. 

Sementara granit alam memiliki bentuk dan ukuran yang unik dan tidak seragam. Ia memiliki tekstur dan bentuk yang berbeda-beda, seperti berlubang, bergelombang, atau berlekuk. Bentuk dan ukuran granit alam ditentukan oleh alam dan tidak dapat dikendalikan.

3. Kualitas

Granit alam barangpasti memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan granit kw, karena granit alam diambil langsung dari alam dan memiliki bentuk, tekstur, serta warna yang unik dan tidak seragam.

Selain itu, granit alam juga memiliki kekuatan dan kepadatan yang jauh lebih tinggi karena tidak melalui proses mekanis seperti halnya granit kw. Akan tetapi, granit kw memiliki keunggulan dalam hal konsistensi ukuran dan bentuk, dan lebih mudah untuk diproses dan dipasang dibandingkan granit alam

4. Harga

Granit kw biasanya dibanderol lebih murah dibandingkan granit alam karena produksinya lebih mudah dan terkendali. Selain itu, granit kw tidak memerlukan biaya yang tinggi untuk penambangan dan pengangkutan sebagaimana proses penambangan granit alam dan pada akhirnya akan memiliki harga yang lebih tinggi.

5. Aplikasi

Granit kw biasanya lebih sering digunakan dalam aplikasi interior, seperti dinding, lantai, dan dapur, karena memiliki ukuran dan bentuk yang sama dan mudah diproses dan dipasang. Sementara granit alam lebih sering digunakan dalam aplikasi eksterior, seperti patung, taman, dan bangunan.

6. Warna dan Tekstur

Granit kw memiliki warna dan tekstur yang seragam dan konsisten, karena diproduksi dengan proses yang terkendali dan memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Warna dan tekstur granit kw juga bisa diprediksi dan diatur sesuai dengan keinginan produsen. 

Sementara granit alam diproduksi oleh alam dan tidak memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Warna dan tekstur granit alam dipengaruhi oleh kondisi geologi dan lingkungan tempat granit terbentuk.

Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa granit asli lebih dihargai karena aspek kualitas, keunikan dan keindahannya, sementara granit kw biasanya digunakan sebagai alternatif yang lebih terjangkau namun dengan kualitas yang kurang. Namun, pilihan antara granit asli atau kw tergantung pada kebutuhan dan anggaran masing-masing pengguna.

Sudahkah Juragan menentukan jenis granit mana yang dibutuhkan? Jika granit kw benar yang Anda butuhkan, temukan berbagai macam produk granit kw di Juragan Material. Ada banyak granit tile yang bisa Anda pilih tanpa harus merasa pusing. Segera dapatkan bahan material yang Anda butuhkan di Juragan Material untuk pengalaman belanja yang efisien dan efektif.

Bagikan: