Diterbitkan Wednesday, 21 December 2022

3 Fungsi Blower Ruangan untuk Gedung Pabrik

fungsi blower ruangan.png

Biasanya orang memasang exhaust fan di rumah pribadi atau kamar mandi untuk mengatur sirkulasi udara mereka. Namun ternyata kehadiran exhaust fan atau blower ruangan di pabrik juga sangat penting. Pemasangan alat sirkulasi udara ini sangat membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan pabrik Anda dengan cara mengalirkan udara dari satu tempat ke tempat lainnya.

Perlu Anda perhatikan bahwa kelembaban di dalam ruangan produksi dapat memicu pertumbuhan jamur ataupun bakteri yang mana akan menyebabkan masalah kesehatan pada orang-orang di dalamnya. Oleh karena itu, menjaga ruangan dari kualitas udara kotor sangat penting bagi kesehatan para pekerja yang berada di dalam ruangan pabrik tersebut. 

Agar Juragan dapat memahami lebih jauh tentang mengapa exhaust fan ini sangat dibutuhkan di ruangan yang terdapat banyak orang, kami akan membahas mengenai fungsinya terutama untuk gedung pabrik. Simak artikel berikut untuk mendapatkan penjelasannya!

Apa Itu Blower Ruangan (Exhaust fan)?

apa itu blower ruangan.png

Blower ruangan atau exhaust fan untuk pabrik sebenarnya memiliki bentuk dan model yang sama dengan blower ruangan pada umumnya. Namun, blower ruangan didesain lebih besar untuk menyesuaikan skala gedung pabrik.

Blower ruangan atau exhaust fan dinilai sangat penting terutama pada pabrik karena akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan karyawan yang ada di dalamnya. Maka dari itu, para pemilik usaha skala menengah ke atas yang berkecimpung di bidang industri perlu memperhatikan kondisi exhaust fan di dalam pabrik mereka. 

Baca Juga: Memilih Bahan Bangunan Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Apa Saja Fungsi Exhaust Fan bagi Gedung Pabrik?

apa saja fungsi blower ruangan.png

Berikut ini, setidaknya ada 5 fungsi blower ruangan yang perlu Juragan pahami, yaitu:

1. Blower Ruangan Berfungsi Mengeluarkan Udara Panas yang Terjebak

Fungsi utama dari memasang exhaust fan di gedung pabrik adalah untuk menurunkan suhu ruangan yang dipenuhi udara panas yang terjebak di dalam gedung pabrik. Jika berbicara mengenai suasana pabrik secara umum, pasti Anda sudah bisa membayangkan suhunya yang sesak dan panas akibat asap dan bau.

Faktor adanya suhu panas ini disebabkan oleh bahan material gedung pabrik yang rata-rata terbuat dari bahan-bahan seperti galvalum, seng, atau PVC. Ketika keadaan siang hari yang panas, bahan-bahan tersebut dapat menghantarkan panas ke dalam gedung pabrik.

Suhu panas yang sudah masuk ke dalam gedung sering terjebak dan susah untuk dikeluarkan dari ruangan. Di sinilah blower ruangan atau exhaust fan berperan penting untuk mengeluarkan suhu panas ini dan mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan.

2. Blower Ruangan untuk Mengalirkan Udara ke Dalam Gedung Pabrik

Selain mengeluarkan udara panas, blower ruangan juga dapat mengalirkan udara bersih atau udara segar ke dalam pabrik. Udara segar yang penuh dengan oksigen membantu para karyawan di dalamnya untuk bernapas dengan baik dan lega.

Pemasangan blower ruangan pada gedung pabrik dapat memberikan udara segar di dalam pabrik sehingga karyawan akan merasa nyaman untuk bekerja di sana. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat produktivitas karyawan pabrik.

3. Blower Ruangan untuk Menyaring Udara di Gedung Pabrik

Udara dalam ruangan gedung atau pabrik sangat mudah terkontaminasi. Hal ini dikarenakan pabrik memproses bahan yang bermacam-macam seperti bahan tekstil, bahan makanan, hingga bahan kimia.

Udara yang terkontaminasi akan membahayakan keselamatan karyawan pabrik. Maka dari itu, blower ruangan berfungsi untuk menyaring udara yang terkontaminasi ini menjadi udara yang layak untuk di hirup karyawan pabrik.

4. Meningkatkan Kenyamanan

Dengan memasang exhaust fan maka dapat meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan dengan membantu mengalirkan udara yang lebih segar dan bersih. Udara yang bersih dan sejuk akan membuat orang merasa lebih nyaman dan sehat.

5. Mengurangi Biaya Listrik

Dengan menggunakan blower ruangan untuk mengalirkan udara, Anda dapat mengurangi biaya listrik karena tidak perlu menghidupkan AC terus-menerus dan bahkan kipas angin. Hal ini sangat bermanfaat jika Anda ingin menghemat biaya listrik atau ingin mengurangi penggunaan AC untuk alasan lingkungan.

Baca Juga: 7 Jenis Atap Kanopi dan Manfaatnya

Apa Saja Jenis Exhaust Fan?

macam-macam blower ruangan.png

Blower ruangan memiliki berbagai macam jenis berdasarkan posisi pemasangannya. Berikut adalah macam-macam blower ruangan yang perlu Anda ketahui!

1. Blower Ruangan Dinding

Sesuai dengan nama yang diberikan, jenis blower ruangan yang satu ini lazimnya dipasang pada dinding bangunan. Pemasangan blower ruangan pada dinding ini bertujuan agar udara panas dari dalam ruangan dapat langsung disedot keluar menggunakan kipas dari blowernya. 

Jika dilihat dari tempat pemasangannya, jenis blower ruangan yang satu ini bisa Anda pasang di kamar mandi atau dapur yang letaknya berbatasan langsung dengan area terbuka. Sebaiknya letakkan penyedot blower ruangan di kedua ruangan tersebut jika Anda ingin memasangnya pada dinding.

2. Blower Ruangan Eksterior

Hampir sama dengan blower ruangan dinding, blower ruangan eksterior akan mengeluarkan udara yang terjebak di dalam ruangan dan menggantinya dengan udara yang segar. Letak perbedaannya berada pada posisi blowernya. Blower ruangan eksterior kebanyakan diletakkan di luar ruangan dan sangat cocok bagi Anda yang tidak menyukai kebisingan.

3. Blower Ruangan Inline

Blower ruangan inline adalah blower ruangan yang cocok untuk dipasang di ruangan yang minim ventilasi udara. Pemasangan blower ruangan inline akan membantu pertukaran udara meskipun ruangan memiliki jumlah ventilasi yang sangat minim.

Baca Juga: Simak, 5 Tips Memilih Keramik Lantai

Bagaimana Cara Memilih Blower Ruangan untuk Gedung Pabrik?

Setelah memahami fungsi dan juga jenisnya, Juragan tentu sudah mulai memahami betapa pentingnya menggunakan blower ruangan, bukan? Simak tips pemilihan blower untuk gedung pabrik berikut ini agar Anda bisa mendapatkan blower ruangan yang tepat.

1. Memilih Jenis Blower Ruangan yang Sesuai dengan Lokasi

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih blower ruangan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika konteksnya memang untuk pabrik, cari tahu spesifikasi blower yang sesuai dengan kebutuhan pabrik Anda seperti bagaimana bentuk ruangan pabrik dan di mana posisi peletakan blower. 

2. Menentukan Ukuran Blower Ruangan untuk Pabrik

Setelah memilih jenis produk blower mana yang akan Anda gunakan di pabrik, pilihlah ukuran blower ruangan yang sesuai. Hal ini dikarenakan banyak sekali ukuran blower ruangan yang bisa Anda temui di pasaran. 

Selain itu, pastikan juga blower ruangan berfungsi untuk mencakup satu ruangan pabrik Anda. Jika tidak mencakup satu ruangan dengan estimasi anggaran Anda, kemungkinan terburuk yang terjadi adalah pemborosan dan membengkaknya biaya pengeluaran.

3. Memperhatikan Volume Udara dan Konsumsi Listrik

Ketika memilih blower ruangan yang diperuntukkan bagi ruangan pabrik, pastikan Anda untuk mengecek kapasitas volume udara dan konsumsi listrik oleh satu blower ruangan.

Volume udara yang dimaksud adalah kemampuan dari blower tersebut untuk menarik udara ketika kipas blower bekerja. Sedangkan perihal konsumsi listrik adalah daya listrik yang dibutuhkan blower untuk bekerja sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga anggaran.

Baca Juga: Mengenal Fungsi, Jenis, dan Keunggulan Pipa PVC

Jadi, dapat disimpulkan bahwa blower ruangan memang penting terutama bagi tempat yang disinggahi oleh banyak orang dalam satu waktu. Namun perlu diingat, blower ruangan bukan hanya untuk pabrik atau kantor. Rumah juga membutuhkan blower ruangan dan juga bentuk bangunan lainnya.

Tenang saja Juragan, Anda bisa memilih sekaligus membeli berbagai macam produk blower ruangan yang berkualitas di Juragan Material. Kami menyediakan blower ruangan dengan berbagai ukuran yang lengkap serta berbagai bahan material lainnya. Hubungi kami di sini untuk info lebih lanjut!

Bagikan: