Diterbitkan Monday, 27 February 2023

Jenis dan Fungsi Sepatu Boot untuk Keselamatan Pekerja

fungsi sepatu boot.webp

Sudah menjadi kewajiban bagi Juragan untuk melengkapi dirinya dengan Alat Pelindung Diri (APD) selama bekerja di area konstruksi. Area pembangunan gedung memang penuh risiko sehingga Anda tidak boleh mengabaikan keselamatan diri sendiri. Salah satu APD yang paling penting adalah sepatu bot. Faktanya, fungsi sepatu boot ternyata sangat krusial dalam melindungi kaki Anda dari bahaya yang mungkin terjadi di area konstruksi.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat berbagai jenis sepatu bot untuk pekerja konstruksi. Setiap jenis sepatu bot dirancang sesuai dengan kondisi area kerja yang sedang dihadapi. Itulah pentingnya membekali diri sendiri ataupun pekerja konstruksi Anda dengan memilih sepatu bot sesuai kebutuhan. 

Simak saja artikel ini sampai selesai agar Anda makin memahami jenis sepatu bot di dunia konstruksi.

Jenis-Jenis Sepatu Boot untuk Pekerja Konstruksi

jenis jenis sepatu boot untuk pekerja konstruksi.webp

Dalam dunia konstruksi, ada sembilan jenis sepatu bot yang digunakan oleh pekerja sesuai kondisi lapangan. Setiap jenisnya memiliki fungsi tersendiri mengikuti istilah tipe sepatunya. Berikut berbagai jenis sepatu bot untuk pekerja konstruksi.

1. Sepatu Bot Safety (Steel Toe)

Pertama, ada sepatu bot safety yang juga dikenal dengan sebutan steel toe. Sepatu ini dilengkapi dengan baja pada bagian ujung kaki. Fungsi baja ini adalah melindungi jari kaki dari benda-benda keras yang jatuh dan menimpa kaki Anda. Sepatu ini sangat cocok digunakan oleh pekerja konstruksi yang bekerja di lokasi pembangunan apartemen atau gedung. Lokasi tersebut membutuhkan material yang diangkat ke bagian atas gedung sehingga berisiko jatuh.

2. Sepatu Bot Non-Slip

Sesuai istilahnya, sepatu bot non-slip berguna untuk menghindari risiko tergelincir. Ciri-cirinya terletak pada bagian sol yang tidak licin sehingga pekerja konstruksi akan merasa lebih aman ketika bergerak di area kerja dengan jalan yang licin atau basah.

Baca Juga: Cara Menggunakan APAR di Area Kerja Sesuai Prosedur

3. Sepatu Bot Waterproof

Selain sepatu bot non-slip, ada pula sepatu bot waterproof yang berfungsi untuk melindungi kaki dari air agar tidak masuk ke dalam sepatu. Mengapa? Air yang masuk akan membuat sepatu lembap dan membasahi kaki sehingga mudah berjamur dan dihinggapi kutu air. Sepatu ini sangat wajib digunakan oleh pekerja di lokasi kerja yang sering terkena air, contohnya proyek pembangunan jembatan atau bendungan.

4. Sepatu Bot Electrical Hazard

Sepatu bot electrical hazard terbuat dari material yang bersifat isolator, artinya material yang tidak bisa menghantarkan aliran listrik ke area dalamnya. Material isolator ini berfungsi untuk melindungi kaki Anda dari bahaya aliran listrik. Gunakan sepatu ini apabila Anda berada di lokasi kerja seperti proyek pembangunan listrik.

5. Sepatu Boot Puncture-Resistant

Sepatu bot puncture-resistant dilengkapi dengan bahan tambahan untuk melindungi kaki dari serpihan atau tusukan yang bisa masuk ke dalam sepatu. Adapun contoh serpihannya bisa berupa pecahan kaca beling atau kerikil. Sepatu ini sangat cocok digunakan oleh pekerja yang bekerja proyek pembangunan jalan atau rel kereta api.

6. Sepatu Bot Insulated

Sepatu bot insulated bersifat weather resistant sehingga ideal untuk melindungi kaki dari suhu yang ekstrem baik panas maupun dingin. Biasanya, sepatu ini digunakan untuk pekerja konstruksi di area proyek pembangunan di daerah pegunungan.

7. Sepatu Bot Anti-Static

Walaupun sama-sama digunakan untuk menghindari bahaya listrik, sepatu bot anti-static berbeda dengan sepatu electrical hazard. Sepatu bot anti-static berfungsi untuk melindungi dari bahaya listrik statis. Anda bisa menggunakan sepatu ini pada area kerja seperti di proyek-proyek pembangunan pabrik atau pembangkit listrik.

8. Sepatu Bot High-Visibility

Sepatu bot high-visibility berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pekerja konstruksi apabila berada di area kerja dengan intensitas cahaya yang minim, seperti proyek pembangunan jalan raya atau jembatan.

9. Sepatu Bot Chemical-Resistant

Terakhir, ada sepatu bot chemical-resistant yang berguna untuk melindungi kaki agar tidak terkena zat kimia berbahaya. Sepatu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang yang berada di lokasi kerja yang memiliki risiko zat kimia, seperti di proyek pembangunan pabrik atau pembangkit listrik.

Baca Juga: 5 Bahan Material Bangunan Pokok untuk Apartemen

Fungsi Sepatu Boot untuk Keselamatan Kerja

fungsi sepatu boot untuk keselamatan kerja.webp

Setiap jenis sepatu bot di atas memiliki fungsi yang sama meski spesifikasinya digunakan untuk kondisi kerja yang berbeda. Ada tiga fungsi utama sepatu bot yang signifikan dalam menjamin keselamatan para pekerja konstruksi. Lihat penjelasan lengkapnya di sini.

1. Melindungi Kaki dari Bahaya

Sama seperti APD yang berguna untuk melindungi anggota tubuh lainnya, sepatu bot juga berfungsi untuk melindungi seluruh bagian kaki dari bahaya seperti percikan listrik atau benda tajam. Tentunya Anda harus menggunakan jenis sepatu bot sesuai area kerjanya.

2. Menyediakan Kenyamanan dan Dukungan pada Kaki

Selain menjaga keamanan, sepatu bot juga berfungsi untuk memberikan kenyamanan pada kaki saat bekerja. Sepatu bot yang baik memberikan dukungan yang kuat pada tulang kaki dan jari-jari kaki sehingga mencegah cedera pada bagian tersebut. Selain itu, sepatu bot harus nyaman dan mampu menahan beban sehingga bisa meringankan rasa lelah pada kaki.

3. Meningkatkan Mobilitas dan Produktivitas

Pada akhirnya, Anda akan membutuhkan sepatu bot yang nyaman dan mampu menopang seluruh bagian kaki selama bekerja di area konstruksi. Sepatu bot yang baik dapat meningkatkan mobilitas dan produktivitas pekerja konstruksi. Sebaliknya, sepatu bot yang tidak nyaman justru dapat menyebabkan cedera pada kaki sehingga proyek pembangunan ikut terhambat.

Baca Juga: Mengenal Scaffolding yang Sering Digunakan Oleh Penyedia Jasa Konstruksi

Ternyata penting sekali fungsi sepatu bot untuk menjaga kaki agar tetap aman selama berada di area konstruksi, bukan? Selain sepatu bot, Anda harus membekali diri dengan perlengkapan K3 lainnya seperti helm dan alat pemadam api ringan (APAR). Kini, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Juragan Material. Cukup klik di sini dan Anda akan mendapatkan perlengkapan K3 yang siap digunakan untuk pekerja konstruksi. Tingkatkan keamanan dan keselamatan pekerja konstruksi Anda hanya dengan peralatan K3 dari Juragan Material.

Bagikan: