Diterbitkan Friday, 30 December 2022

10 Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat dengan Cepat

Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat.webp

Permasalahan beberapa komponen rumah menjadi hal yang sangat menjengkelkan bagi kebanyakan orang. Salah satunya adalah permasalahan pipa air yang tersumbat. Beberapa orang menganggap cara mengatasi pipa air tersumbat ini susah untuk diatasi karena ketidaktahuan titik penyumbatan pada pipa.

Jangan khawatir Juragan, masalah pipa air yang tersumbat di rumah Anda akan mudah diatasi dengan berbagai cara yang akan kami bagikan pada artikel ini. Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya mari pahami apa saja yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pipa air di rumah.

Jika ingin memahami permasalahan pipa air tersumbat, dari apa penyebabnya hingga bagaimana cara untuk mengatasinya, Anda dapat menyimak artikel ini hingga akhir agar tidak melewatkan satu informasi sedikitpun!

Baca Juga: Jenis Flange pada Sistem Pemipaan Industri Manufaktur

Apa Saja Penyebab Pipa Air Tersumbat?

Apa Saja Penyebab Pipa Air Tersumbat.webp

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi air tersumbat, sebaiknya ketahui dahulu apa saja penyebab yang dapat menimbulkan pipa air di rumah Anda tersumbat. Berikut adalah beberapa penyebab pipa air di rumah dapat tersumbat yang perlu Anda ketahui!

1. Penyumbatan Akibat Helaian Rambut

Penyebab pertama yang dapat menimbulkan penyumbatan di dalam pipa air adalah rambut. Rambut utamanya menyebabkan penyumbatan di dalam pipa air kamar mandi. Seperti yang banyak diketahui, rambut yang rontok ketika mandi atau keramas akan mengumpul menjadi satu pada lubang drainase.

Ketika Anda membiarkan rambut untuk masuk ke dalam saluran drainase, hal ini secara tidak langsung akan menimbulkan penimbunan di dalamnya. Meskipun tidak secara langsung menyumbat, dalam jangka beberapa bulan akan terjadi penyumbatan.

cta_register_march24_2.webp

2. Penyumbatan Akibat Pengendapan Sabun

Penyumbatan kedua bisa diakibatkan oleh pengendapan sabun. Tidak hanya sabun mandi, namun sabun cuci untuk piring juga memiliki dampak yang sama terhadap pipa air. 

Sabun yang terbawa air dapat dengan mudah mengendap dan menempel pada dinding pipa air. Pengendapan yang terus-menerus akan membuat pipa air tersumbat sehingga tidak dapat menyalurkan air ke pembuangan dengan sempurna.

3. Penyumbatan Akibat Sisa Makanan

Penyebab penyumbatan yang ketiga adalah akibat sisa makanan. Penyumbatan ini sering terjadi di wastafel dapur karena kecenderungan orang-orang yang langsung membuang sisa makanan ke wastafel ketika mencuci piring tanpa membuang sisa makanan terlebih dahulu ke tempat sampah.

4. Penyumbatan Akibat Minyak

Selain sisa makanan, minyak pada piring dan alat-alat masak juga bisa menjadi salah satu penyebab penyumbatan pipa air. Minyak sendiri memiliki karakteristik yang tidak bisa menyatu dengan air. Oleh karena itu, apabila piring atau alat masak yang masih penuh minyak, Anda perlu berhati-hati karena pipa akan mudah tersumbat.

Baca Juga: Jenis Kayu Ringan dan Kuat yang Cocok untuk Industri Furniture

Bagaimana Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat dengan Cepat?

Bagaimana Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat dengan Cepat.webp

Setelah memahami beberapa hal yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pipa air, Anda harus mengetahui beberapa cara yang dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa cara mengatasi pipa air tersumbat yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Baking Soda dan Cuka

Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Baking Soda dan Cuka.webp

Cara mengatasi pipa air tersumbat dapat dilakukan dengan bahan-bahan di sekitar Anda, salah satunya dengan cuka dan baking soda. Cara penggunaannya tidak secara bersamaan, melainkan dimasukkan satu per satu ke dalam pipa air yang tersumbat.

Langkah pertama, masukkan campuran air panas dengan baking soda. Kemudian tunggu beberapa saat agar campuran air panas dan baking soda bekerja secara maksimal. Setelah itu, masukkan campuran kedua, yaitu campuran cuka dan air panas. Kemudian tunggu lagi hingga buih yang berasal dari baking soda perlahan habis. Terakhir adalah bilas saluran air dengan air panas untuk menghancurkan kotoran yang menyumbat pipa secara keseluruhan. 

Pastikan untuk tidak melakukannya sesering mungkin. Anda bisa menjadwalkannya sekitar dua bulan sekali agar pipa air tidak mudah rusak.

2. Mengatasi Pipa yang Tersumbat dengan Air Soda

Mengatasi Pipa yang Tersumbat dengan Air Soda.webp

Bahan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi pipa air tersumbat adalah air soda. Air soda seperti pada minuman-minuman berkarbonasi yang sering Anda temui di toko-toko terdekat bisa juga digunakan.

Cara menggunakan air soda untuk mengatasi pipa air tersumbat adalah dengan menuangkan air soda ke dalam pipa kemudian menunggu reaksinya selama dua jam. Setelah itu bilas pipa dengan air yang mengalir.

3. Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Soda Api

Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Soda Api.webp

Apakah Anda mengetahui soda api? Soda api juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi pipa air yang tersumbat. Untuk penggunaan soda api, pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan masker wajah mengingat soda api memiliki karakteristik yang dapat membahayakan kulit menjadi melepuh. Tunggu lima sampai enam jam dan kemudian siram dengan air yang mengalir.

4. Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Pasir Kasar

Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Pasir Kasar.webp

Pasir kasar dapat digunakan pula untuk mengatasi pipa air Anda yang tersumbat. Cara penggunaan pasir kasar adalah dengan membasahi pipa air terlebih dahulu. Setelah itu, tuangkan dua genggam pasir kasar ke dalam pipa air. Kemudian gunakan selang kompresor dan tutup lubang pada wastafel Anda. Setelah itu buka kembali lubang wastafel kemudian kotoran di dalamnya agar bisa terangkat dengan sempurna. 

5. Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Garam

Mengatasi Pipa Tersumbat dengan Garam.webp

Solusi dari pipa mampet bisa menggunakan garam. Cara mengatasi pipa tersumbat ini cukup mudah, Anda hanya perlu siapkan garam dan tuangkan sedikit baking soda ke dalam pipa. Setelah itu, tutup pipa selama beberapa menit agar campuran tersebut bekerja secara maksimal untuk membersihkan pipa. Langkah terakhir, buka karet penutup kemudian bilas pipa dengan dua liter air panas.

6. Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat dengan Air Perasan Lemon dan Baking Soda

Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat dengan Air Perasan Lemon dan Baking Soda.webp

Jus lemon dan soda kue harus digabungkan terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke dalam pipa. Kombinasi ini bekerja sangat baik untuk membersihkan pipa minyak dan bakteri yang tersumbat. Setelah itu pasang penutup karet di ujung pipa dan tunggu beberapa menit. Sebagai langkah terakhir, lepas penutup karet dan isi pipa dengan air panas untuk membersihkannya secara menyeluruh.

7. Campur Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Campur Sabun Cuci Piring dan Air Panas.webp

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi saluran air tersumbat adalah dengan mencampurkan sabun cuci piring dengan air panas. Cara ini mudah dilakukan karena sabun cuci piring adalah bahan yang mudah Anda dapatkan di rumah. Cara melakukannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencampur kedua bahan tersebut dan memasukkannya ke dalam pipa.

8. Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Tali

Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Tali.webp

Jika Anda ingin mengatasi saluran air mampet dengan tali, maka Anda perlu membuat gulungan plastik yang kurang lebih sama dengan diameter pipa. Gulungan plastik tersebut kemudian diikat dengan tali yang panjangnya sama dengan ujung pipa.

Kemudian, Anda perlu mengaliri pipa dengan air dan menunggunya selama 1 menit, lalu masukkan tali yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Ketika gulungan plastik sampai ke ujung pipa, tariklah secara perlahan hingga keluar. Anda dapat melihat bahwa terdapat kotoran pada pipa yang sedikit demi sedikit terangkat.

Cara ini dapat Anda lakukan jika pipa air berbentuk tegak lurus, dan tali yang digunakan kuat.

9. Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Bahan Kimia

Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Bahan Kimia.webp

Bahan kimia tentunya dapat digunakan untuk mengatasi saluran air mampet yang disebabkan oleh kotoran, minyak, dan rambut. Namun, pastikan untuk menggunakan bahan kimia yang tidak korosif agar tidak menyebabkan kerusakan pada pipa.

Selain itu, Anda harus mengikuti semua instruksi penggunaannya, seperti menggunakan sarung tangan, agar aman.

10. Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat dengan Kabel Auger

Mengatasi Pipa Paralon Tersumbat dengan Kabel Auger.webp

Cara yang terakhir, Anda bisa menggunakan kabel auger untuk mengatasi pipa tersumbat. Kabel ini terbuat dari stainless steel yang bersifat tahan lama dan elastis.

Untuk menggunakannya, Anda bisa memasukkan kabel auger ke dalam pipa, lalu kencangkan sekrup yang terdapat di tabung auger. Setelah itu, dorong kabel auger secara memutar dan tariklah kembali. Anda dapat mengulangi langkah tersebut apabila sumbatan pada pipa belum terdorong keluar.

Baca Juga: Fungsi Blower Ruangan Gedung Pabrik

Selain memahami cara mengatasi pipa air tersumbat, pastikan pipa air yang Juragan pilih memiliki kualitas yang baik untuk penggunaan di rumah. Anda bisa menemukan berbagai macam pipa air yang berkualitas di Juragan Material! Hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut atau jika Anda ingin mencari bahan material lainnya karena Juragan Material menyediakan bahan material untuk perlengkapan rumah serta konstruksi bangunan secara lengkap.

Bagikan: